spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Hadapi Pileg dan Pilpres 2019, Bawaslu Lebih Pede

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Menjelang Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) lebih percaya diri bertugas.

    Demikian disampaikan Komisioner Bawaslu RI Fritz Edward Siregar dalam kegiatan Malam Penganugerahan Bawaslu Jawa Barat Award 2018 yang digelar Bawaslu Jabar di Amphiteater Trans Studio Mall (TSM), Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Senin (28/8/2018) malam.

    “Kami merasa lebih percaya diri menghadapi Pileg dan Pilpres 2019,” kata Fritz.

    Pengalaman telah membuktikan bahwa seluruh jajaran Bawaslu baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sukses mengawasi proses dan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dengan mengacu pada standar operasional yang telah ditentukan.

    “Bawaslu Jabar Award ini untuk mengapresiasi teman-teman yang telah bekerja keras mengawasi jalannya pilkada,” kata Fritz.

    Tidak hanya itu, kegiatan tersebut pun digelar untuk mendongkrak performa Bawaslu Jabar dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019.

    Fritz mengakui bahwa pengawasan pesta demokrasi bukanlah tugas yang mudah. Bahkan, tugas itu berisiko besar.

    Tak jarang jajaran Bawaslu harus menghadapi massa yang emosi hingga berujung pada aksi pelemparan kantor Bawaslu maupun pembakaran mobil operasional.

    “Selama proses Pilkada Serentak 2018 saja, sebanyak 15 anggota Bawaslu meninggal dunia. Ada yang kecelakaan, sakit, hingga kelelahan. Itu adalah bagian dalam menjalankan tugas dan peran kami,” paparnya.

    Berkaca pada pengalaman itu, Fritz yakin, seluruh jajaran Bawaslu, khususnya jajaran Bawaslu Jabar akan lebih percaya diri menghadapi perhelatan Pileg dan Pilpres 2019 karena kinerja, termasuk kreadibilitasnya sudah teruji.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img