spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Susi Pudjiastuti Tidak Akan Berhenti Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menegaskan, tidak akan berhenti menenggelamkan seluruh kapal yang kedapatan mencuri ikan di Perairan Indonesia.

    ” Kapal-kapal yang kedapatan melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia, dari negara manapun dan milik siapapun akan saya tenggelamkan karena sudah merugikan negara dan masyarakat,” ungkap Susi Pudjiastuti saat memberikan orasi ilmiah dihadapan Mahasiswa Unsil di Gedung Mandala, Kamis (23/08/2018).

    Menurut Susi, perairan Indonesia merupakan terluas di dunia dengan sumber ikannya yang luar biasa.

    ” Dulu di perairan laut Pemalang, Pameungpeuk, pantai di Kabupaten Tasikmalaya, Lobster kintalan dan ikan berton-ton. Tapi sejak tahun 2001-2018 sudah tidak ada karena maraknya pencurian ikan. Alhasil, penghasilan nelayan berkurang 50 persen dan para pengusaha ikan gulung tikar. Ekspor pun terus menurun,” beber Susi.

    Susi mengaku, menenggelamkan perahu merupakan jurus ampuh untuk menjaga kedaulatan perairan. Dengan begitu, ikan-ikan kita tetap terjaga dan ekosistemnya tidak rusak.

    ” Alhamdulillah, sejak adanya penenggelaman kapal, pendapatan para nelayan kembali meningkat, nilai ekspor pun meningkat, kekayaan laut terus terjaga, stok ikan naik serta devisa negara dari perikanan mencapai triliun rupiah per tahun dan menjadi neraca perdagangan ikan nomor satu di Asia Tenggara,”  terang dia.

    Hingga akhir Agustus 2018, sedikitnya 488 kapal pencuri ikan di perairan Indonesia sudah ditenggelamkan.

    ” Kita tidak beri ampun para pencuri ikan. Kita akan sikat habis dan terus tenggelamkan kapalnya,” tegas Susi.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img