spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Ada Batu Tapak Putri dan Tulisan Sunda Kuno di Cipaku Ciamis

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Pesona alam Desa Cipaku di Kabupaten Ciamis sangat indah. Namun sayang belum dikembangkan secara maksimal. Salah satu keindahan alam di Desa Cipaku itu adalah pemandangan hijau hutan lebat Gunung Putri.

    “Di atas Gunung Putri ada batu tapak putri yang bisa dijadikan wisata sejarah karena di batu itu ada tulisan Sunda kuno,” kata  Kepala Dusun Lili Cipaku Girang Desa Cipaku Kecamatan Cipaku Lili, Senin (20/8/2018).

    Menurut Lili pesona alam Cipaku memang layak dikembangkan. Apalagi sangat dekat dengan pusat kota Ciamis dan aksesnya sangat mudah. Keindahan Gunung Putri terlihat dari atas tampak hamparan perkampungan penduduk dengan jelas dan kelihatan dari atas sangatlah indah.

    “Beberapa waktu lalu emang telah datang dari kota untuk meneliti tulisan kuno yang ada pada batu itu namun sampai saat ini belum ada kabarnya lagi,” ucapnya.

    Lili melanjutkan, walaupun potensi alam Gunung Putri cukup mempesona namun untuk saat ini belum bisa digali potensinya oleh pihak desa karena pemerintahan desa lebih memproritaskan kebutuhan air warga.

    “Rencana pemerintahan desa saat sekarang akan membendung dulu aliran sungai untuk keperluan kebutuhan air warga,” katanya.

    (Husen Maharaja/Dar)

    Berita Terbaru

    spot_img