spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Pegang Teguh Amanah Leluhur, Warga Jagabaya Sayangi Hutan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Warga Desa Jagabaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis masih memegang teguh amanat leluhur untuk menjaga keaslian hutan Gunung Gundul dan Gunung Dukuh yang berada di lingkungan penduduk.

    “Warga di sini tidak akan berani merusak keaslian hutan, karena takut kena karma,” kata Kepala Desa Jagabaya Wawan Hernawan, Selasa (14/8/2018).

    Karena kuatnya warga dalam memegang teguh amanat leluhur, keberadaan hutan itu sampai saat ini keasliannya tetap terjaga.

    “Pohon-pohon di sini sudah berumur ratusan tahun, sehingga suasana di dalam hutan sangat nyaman dengan udaranya yang sejuk,” ucapnya.

    Wawan mengatakan, ketakutan warga akan karma para leluhur itu rupanya bukan isapan jempol. Dia menyebut bahwa pernah ada warga yang tersesat setelah membawa kayu bakar dari hutan.

    “Bahkan malam harinya didatangi harimau.Paginya orang itu mengaku kepada tetua di sini bahwa dirinya telah mengambil kayu dari hutan larangan,” jelasnya.

    Karena ada pengakuan bersalah dari pelakunya, maka tetua kampung memerintahkan orang tersebut untuk mengembalikan kayu bakar ketempatnya semula,” ucapnya.

    Kejadian tersebut menambah keyakinan warga untuk tidak memperlakukan hutan sembarangan, sebaliknya warga akan menjaga dan melestarikannya.

    (Husen Maharaja/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img