spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Jabar Lepas Bantuan Kemanusian untuk Korban Gempa Lombok

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: DPRD Provinsi Jawa Barat melalui Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas bantuan logistik untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

    Pelepasan dilakukan di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro 27, Kota Bandung, Jumat (10/8/2018).

    Wakil Ketua DPRD Jabar Haria Yuliana mendorong masyarakat untuk turut membantu korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain untuk meringankan kerugian yang dialami masyarakat Lombok dan sekitarnya juga dapat memberikan motivasi.

    “Tentunya ini sebagai permulaan untuk menstimulasi bantuan-bantuan lainnya, rencananya beberapa lembaga kemanusiaan akan melakukan hal yang sama dalam waktu dekat ini,” kata Haris usai pelepasan.

    Untuk penyerahan bantuan, sebaiknya diberikam kepada lembaga kemanusiaan yang resmi. Hal itu penting, karena dikhawatirkan bantuan tidak sampai ke korban bencana.

    Sudah menjadi kebiasaan setiap terjadi bencana pasti banyak bermunculan penggalangan dana yang massif. Di satu sisi hal itu merupakan sikap positif, di sisi lain pertanggungjawabannya yang rentan.

    “Biarlah untuk aksi penggalangan dana dijalanan yang bersifat liar itu diserahkan kepada aparat penegak hukum,” kata dia.

    Bantuan, kata Haris, tidak hanya hari ini, tetapi akan dilakukan berkesinambungan, tidak menutup kemungkinan dari berbagai instansi maupun perorangan akan bermunculan juga.

    “Dalam waktu dekat ini juga rencananya Baznas akan melakukan hal yang sama,” ucapnya.

    Ketua ACT Provinsi Jawa Barat Adi Nurdiansyah mengungkapkan bahwa bantuan yang dibutuhkan saat ini oleh korban gempa, yakni bahan pangan.

    Untuk menanggualngi hal tersebut pihaknya mengirimkan 6 ribu paket pangan, yang berisi sembako, makanan instan dan makanan khusus balita.

    “Kalau sekarang adalah fase emergency jadi yang paling dibutuhkan adalah bahan pangan, salah satunya makanan, terutama untuk balita makanannya akan berbeda,” kata Adi.

    Selain memberikan bantuan berupa paket makanan, pihaknya pun sudah mendirikan beberapa posko bantuan dan dapur darurat.

    Insya Alloh dapur umum kita hari ini sudah mulai beroprasi di sana. Kita sudah membuka kurang lebih tiga posko dengan salah satunya posko induk yang ada di kantor cabang NTB” pungkasnya.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img