spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Rektor Unsil: Lulusan PT Jangan jadi Sampah Masyarakat

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Lulusan Perguruan Tinggi (PT) merupakan generasi penerus yang memiliki kemampuan dan kecerdasan intelektual. Karenanya, mereka dituntut menjadi komponen bangsa yang mampu memberikan perubahan kemajuan di tengah-tengah masyarakat serta jangan menjadi sampah masyarakat.

    ” Lulusan dengan gelar sarjana punya tanggungjawab di tengah-tengah masyarakat untuk mengaplikasikan penerapan Tri Gatra PT dari aspek pendidikan, penelitian dan aspek pengabdian kepada masyarakat,” kata Rektor Universitas Siliwangi (Unsil), Rudi Priyadi di acara Wisuda Mahasiswa Unsil Tahun Akademik 2017-2018 periode III program Diploma, Sarjana dan Magister di Gedung Mandala, Sabtu (22/7/2018).

    Esensinya PT tidak hanya mampu meluluskan mahasiswa dengan gelar sarjana, melainkan mampu melahirkan dan mencetak lulusan yang berkualitas serta mampu berdaya saing sehingga menjadi lulusan yang berguna dan unggul di dunia kerja maupun di dunia usaha.

    ” Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan PT harus menjadi tenaga profesional, inovatif, kreatif, tekun, jujur dan disiplin serta berkarakter yang mampu menghadapi berbagai tantangan dan hambatan di era milenium jaman now,” tuturnya.

    Menurutnya, dunia milenium yang kita hadapi bersama saat ini sedang menuju Revolusi Industri 4.0. Yakni, revolusi berbasis fisik cyber dengan kemampuan digital economy, artificial inteligence, big data, robotic.

    ” Revolusi 4.0 akan memunculkan lahan pekerjaan baru dengan keahlian khusus sehingga dibutuhkan SDM yang berkualitas yang tidak hanya cukup dengan ijazah sarjana melainkan portofolio, competency based daya saing yang tinggi,” paparnya.

    Wisuda periode III 2017-2018, Unsil meluluskan sebanyak 694 mahasiswa. Terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 387 orang, Fakultas Ekonomi 141 orang, Fakultas Pertanian 11 orang, Fakultas Teknik 43 orang, Fakultas Ilmu Kesehatan 32 orang, Fakultas Agama Islam 28 orang, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 30 orang dan Pascasarjana sebanyak 22 lulusan.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img