spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    DKPP Jawa Barat Gelar Event Kontes Ternak ke-37

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.idUntuk memotivasi dan mendukung para peternak, khususnya di Jawa Barat dalam menghasilkan bibit unggul yang produktif sekaligus meningkatkan daya saing produksi ternak, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat kembali menggelar kontes ternak se-Jawa Barat ke-37 tahun 2018, Selasa-Kamis (17-19/7/2018).

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika mengatakan, event kontes ternak tersebut tidak sebatas kontes. Namun, bagian dari edukasi dan dorongan para peternak serta lingkungan sekitarnya agar ketersediaan bibit-bibit unggul di Jawa Barat tetap terjamin dan terjaga.

    ” Kontes ini untuk melestarikan, mengembangkan serta menumbuhkan rasa kesadaran, perhatian dan kepedulian seluruh komponen masyarakat terhadap kemajuan dan peningkatan sektor peternakan di Jawa Barat kedepan,” katanya di Lapang upacara Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya, Rabu (18/7/2018).

    Pihaknya berharap, melalui event tersebut, para peternak terus bergairah dan bersemangat dalam melakukan pembibitan. Semisal, Domba Garut, Domba Priangan, Sapi Pasundan, Ayam Pelung dan Ayam Wareng.

    ” Potensi-potensi inilah yang perlu dikembangkan,” ujar Dewi Sartika.

    Menurut dia, kontes ternak tersebut diikuti seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat. Sedikitnya 570 ternak seperti Domba, Sapi Potong, Sapi Perah, Kambing serta Ayam dengan jumlah peternak 430 orang ambil bagian.

    ” Event tersebut melombakan ternak jenis pejantan, ratu bibit hingga petetan. Total hadiah sebesar Rp200 juta,” pungkas Dewi.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img