spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Turnamen Baseball Jadi Agenda Kejuaraan Piala Gubernur Jabar Kedua di Tahun 2018

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat melalui Bidang Peningkatan Olahraga Prestasi kembali menggelar kejuaraan dengan titel Piala Gubernur Jabar 2018. Kali ini, kejuaraan digelar di cabang olahraga baseball sejak Senin (9/7/2018) hingga Sabtu (21/7/2018).

    Kepala Dispora Jabar, Yudha M Saputra menuturkan, kejuaraan bertitel Piala Gubernu Jabar ini merupakan program rutin tahunan untuk memfasilitasi cabang olahraga menggelar kompetisi untuk kelompok usia. Gelaran kejuaraan baseball sendiri, menjadi gelaran Piala Gubernur Jabar kedua yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2018.

    “Sebelumnya, kita sudah menggelar di cabang olahraga Judo sebelum puasa. ‎Untuk cabang olahraga baseball ini menjadi salah satu bentuk tanggungjawab kita memfasilitasi Pengprov Perbasasi Jabar sehingga bisa gelar kompetisi. Selain menjadi ajang pembinaan, sekaligus juga mensosialisasikan olahraga baseball ke masyarakat,” ujar Yudha usai membuka Kejuaraan Baseball ‘Piala Gubernur Jabar 2018’, di lapangan baseball SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (17/7/2018).

    ‎Selain itu, lanjutnya, baseball sendiri menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di ajang Asian Games XVIII pada Agustus 2018 mendatang. Bahkan pemerintah secara khusus telah membangun lapangan baseball untuk bisa menjadi venue di ajang multieven olahraga antar negara di benua Asia tersebut.

    “‎Mudah-mudahan ini jadi motivasi bagi para atlet untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka karena pemerintah sendiri sudah menyiapkan fasilitas yang mumpuni. Termasuk di komplek SPOrT Jabar ini, silakan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Jabar kan dikenal sebagai gudangnya atlet dan SDM olahraga, termasuk di cabang olahraga baseball,” tegasnya.

    ‎Ketua Pelaksana Kejuaraan, Arianto Suharyo mengatakan, pada pelaksanaan turnamen kali ini, pihaknya membagi peserta dalam tiga kategori usia. Yakni kategori open untuk atlet diatas 19 tahun sebagai persiapan untuk PON XX tahun 2020, lalu kategori usia U-18 sebagai persiapan lapisan kedua atlet, dan nomor eksebisi untuk puteri U-14 tahun.

    “Selain diikuti atlet dari Jabar, pada turnamen i‎ni kita mengundang peserta luar Jabar diantaranya dari Tanggerang, Banten dan Bali. Dengan turnamen yang difasilitasi Dispora Jabar ini, semoga generasi muda kita lebih banyak bergerak dan terhindar dari pengaruh buruk seperti Narkoba,” pungkas Ari.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img