spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    ‘Layanan Tamu Allah’ Sistem untuk jamaah Haji

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: (jamaah haji) Kerajaan Arab Saudi akan memberikan layanan khusus bagi Jemaah haji asal Indonesia dengan menggunakan sistem kedatangan baru yang disebut ‘Layanan Tamu Allah’.

    Dengan menggunakan sistem ini, semua proses kedatangan seperti pengambilan sidik jari, pengecapan paspor, dan penyortiran barang bawaan jemaah akan dilakukan di Indonesia. Setibanya di Arab Saudi jemaah akan melalui jalur khusus tanpa perlu melakukan proses verifikasi kedatangan.

    “Ketika datang ke Arab Saudi jemaah haji Indonesia tidak perlu lagi melakukan segala macam proses keimigrasian sehingga mereka akan sangat mudah untuk sampai ke wilayah tanah suci,” terang Direktorat Keimigrasian dan Paspor Arab Saudi Jendral Sulaiman Al Yahya di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Selasa (17/7/2018).

    Sulaiman mengatakan berkat sistem baru ini, jemaah haji saat tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan Bandara Pangeran Muhammad Madinah, Arab Saudi dapat langsung menuju penginapan untuk beristirahat tanpa harus menunggu proses keimigrasian yang bisa memakan waktu hingga empat jam. (jamaah haji)

    Kendati begitu program ini baru diterapkan untuk jemaah haji asal Indonesia dengan titik keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta.

    “Kalau pemerintah Indonesia ingin memperluas lagi kami siap untuk melakukan atau membuat proyek ini di tempat lain,” ujar Sulaiman, seperti dilansir CNN.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img