spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Panitia Siap Gelar Popda XII Jabar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat memastikan kepanitiaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XII Jabar sudah sangat siap untuk menggelar pelaksanaan multieven olahraga pelajar tingkat Jabar pada 30 Juni sampai 03 Juli mendatang. Baik dari panitia besar (PB) Popda XII Jabar tahun 2018 hingga kepanitian di 21 cabang olahraga yang dipertandingkan.

    Kepala Seksi Pembibitan Olahraga Prestasi pada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Jabar, Nandang Roekando menuturkan, finalisasi kesiapan kepanitiaan Popda XII Jabar 2018 di setiap cabang olahraga sudah dilakukan saat pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke-II Panitia Popda XII Jabar tahun 2018, 10-12 Juli kemarin. Pihaknya sudah melakukan verifikasi setiap kebutuhan masing-masing panitia pelaksana (Panpel) pertandingan di 21 cabang olahraga yang dipertandingkan di Popda XII Jabar 2018.

    BACA JUGA: Popda XII Jabar Berjalan Baik dan Sukses, Ini Indikatornya

    “Dari hasil Bimtek kedua tersebut, semua kebutuhan panpel di setiap cabor sudah terpenuhi. Mulai dari sumber daya manusia, perlengkapan pertandingan, dukungan pertandingan, hingga akomodasi dan konsumsi. Jadi kepanitiaan Popda XII Jabar sudah sangat siap,” ujar Nandang yang juga menjabat sebagai Sekretaris PB Popda XII Jabar 2018.

    Untuk kebutuhan di setiap panpel cabang olahraga, lanjutnya, jumlah dan jenisnya bervariasi. Meski demikian, pihaknya berupaya untuk memenuhi semua kebutuhan setiap panpel cabang olahraga sehingga menunjang pada kelancaran jalannya pertandigan.

    “Untuk peralatan pertandingan, setiap pengprov cabang olahraga memiliki peralatan pertandingan eks PON XIX dan itu bisa digunakan. Dan sistem lain yang digunakan dalam pemenuhan peralatan pertandingan yakni dengan sewa dan barang habis pakai. Ini merupakan perbaikan kita dari setiap pelaksanaan Popda Jabar sehingga bisa lebih baik,” tuturnya.

    Dengan kesiapan dari sisi kepanitian, hal lain yang masuk dalam tahap finalisasi yakni dari sisi kepesertaan. Baik dari jumlah pasti atlet, pelatih, manager, hingga ofisial tim yang akan dikirimkan oleh setiap kota/kabupaten.

    Setelah sebelumnya dilakukan verifikasi data peserta yang didaftarkan kota/kabupaten secara online, tahapan selanjutnya yakni tahapan keabsahan atlet dari setiap kota/kabupaten. Proses tersebut rencananya akan dilakukan mulai Minggu (22/7/2018) mendatang.

    “Kemungkinan akan ada penyusutan jumlah atlet yang akan berlaga tapi jumlahnya tidak akan signifikasn. Setelah data atlet terverifikasi dari kota dan kabupaten serta di setiap cabang olahraga, kita akan pastikan jadwal pertandingan di setiap cabang olahraga meski jadwal sendiri sudah disusun oleh setiap panpel cabang olahraga,” tegasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img