spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Popda XII Jabar Berjalan Baik dan Sukses, Ini Indikatornya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat menilai pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XII Jawa Barat tahun 2018 berjalan dengan baik dan sukses. Beberapa indikator pun memperlihatkan jika pelaksanaan Popda XII Jabar tahun 2018 ini berjalan tanpa ada hambatan berarti.

    Kepala Dispora Jabar Yudha M Saputra mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan Popda XII Jabar tahun 2018 terlihat dari unsur obyektifitas yang cukup berjalan bagus. Bahkan penyelenggaraan pun memberikan kepuasan kepada seluruh pihak terkait.

    “Yang paling memuaskan, hasil dari Popda XII Jabar ini tidak menimbulkan ekses yang negatif. Kalau hasil Popda XII Jabar menimbulkan ekses negatif, berarti ada ketidakpuasan dari beberapa pihak. Ini berarti semua unsur mulai dari atlet, pelatih, ofisial, wasit, hingga perangkat terkait bersikap objektif,” kata Yudha saat ditemui di Grand Aquila Hotel, Jalan Pasteur Kota Bandung, Sabtu (4/8/2018).

    Selain itu, gelaran Popda XII Jabar tahun 2018 diikuti oleh 4.529 orang yang 3.038 di antaranya merupakan atlet. Mereka akan membela 27 kota dan kabupaten yang bertanding di 284 nomor pertandingan di 21 cabang olahraga.

    Jumlah peserta tersebut, diakui Yudha, lebih banyak dibandingkan gelaran Popda XI Jabar tahun 2016 yang digelar di Kabupaten Bogor. Hal ini membuktikan jika pola pembinaan olahraga yang dilakukan di kota/kabupaten sudah berjalan.

    “Memang masih ada dominasi Kota Bandung dengan torehan medali dengan selisih yang cukup signifikan karena Kota Bandung memiliki sarana prasarana yang cukup lengkap sehingga masih unggul. Ini berarti belum terjadinya pemerataan di 27 kota/kabupaten di Jabar. Tapi setidaknya dari aspek pola pembinaan sudah ada dan berjalan dan untuk ke depan kita akan lakukan persiapan Popnas XV tahun 2019 dengan sistem sentralisasi di kota dan kabupaten,” tegasnya.

    Seperti diketahui, gelaran Popda XII Jabar tahun 2018 secara resmi ditutup pada Jumat (3/8/2018) malam di stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, dengan mengukuhkan Kota Bandung sebagai juara umum.

    Kontingen Kota Bandung mengumpulkan 78 medali emas, 47 medali perak dan 62 medali perunggu diikuti Kabupaten Bogor di posisi runner up dengan raihan 33 medali emas, 34 medali perak, dan 33 medali perunggu. Sementara peringkat ketiga ditempati kontingen Kabupaten Bandung dengan raihan 20 medali emas, 23 medali perak dan 35 medali perunggu.

    (Ageng/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img