spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Jepang Akan Latih Tenaga Kerja Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Sejumlah tenaga kerja asal Kota Tasikmalaya akan mendapatkan pelatihan kerja dari salah satu pengusaha Hotel di Tokyo Jepang.

    Kepastian itu ditandai dengan kedatangan perwakilan tenaga pelatihan Hotel dari Jepang ke Pemerintah Kota Tasikmalaya.

    Perwakilan Jepang diterima langsung Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf di Balikota Tasikmalaya, dan langsung melakukan Memorandum of Understanding (MoU) denhan Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya, Selasa (10/7/2018).

    Dalam Kesempatan itu, Wakil Wali Kota mengatakan, kerjasama dengan Jepang melalui MoU ini akan meningkatkan kualitas tenaga kerja Kota Tasikmalaya, sehingga mereka nantinya benar-benar tenaga kerja yang terampil dan siap pakai.

    “Jepang  sangat membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia dan ini sangat tepat karena setelah mendapatkan pelatihan di bidang Pariwisata dan Perhotelan, mereka akan dikirim ke Jepang dan siap bekerja,” jelas dia.

    BACA JUGA: Tiga Atlet Jepang Terkonfirmasi Positif Covid-19

    Adapun pelatihan kerja yang akan diberikan tenaga dari Jepang, akan memberikan pengalaman baru bagi calon-calon tenaga kerja yang akan dikirim ke Jepang.

    ” MoU ini langkah tepat Pemerintah kota Tasikmalaya dalam memberdayakan tenaga kerja Kota Tasikmalaya, mereka nantinya akan bekerja di Jepang sehingga akan berimplikasi terhadap pengurangan angka penggangguran di Kota Tasikmalaya ke depan,” kata dia.

    Kerjasama yang akan dijalin bersama Jepang kali ini baru di bidang tenaga kerja, namun tidak menutup kemungkinan ke depannya ada kerjasama di sektor lainnya.

    ” Kedepannya kita akan menawarkan kerjasama di bidang traveling, pariwisata, termasuk sektor industri kreatif agar kita memiliki kualitas yang mampu bersaing di pasar luar negeri,” jelas dia.

    Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya Nunung Kartini menjelaskan, MoU dengan pimpinan Hotel dari Tokyo Jepang ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Negeri Sakura.

    ” Di Jepang banyak yang membutuhkan tenaga kerja terampil, ” kata dia.

    (Seda/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img