spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    10 Camat Terbaik di Kota Bandung Segera Timba Ilmu Pemerintahan di Seoul

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengirim 10 camat terbaiknya untuk mengikuti program On Innovation In Public Sector Administration di Seoul, Korea Selatan.

    Para camat tersebut dikirim ke negeri gingseng untuk menimba ilmu tentang manajemen pemerintahan, kepemimpinan dan pelayanan publik selama lima hari pada 8-14 Juli 2018 mendatang.

    “Selamat atas prestasi yang diraih para camat. Dengan nilai besar yang telah diraih merupakan hasil kerja keras seorang pemimpin kewilayah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wali Kota Bandung yang karib disapa Emil, di Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana, Kamis (5/7/2018).

    Selama di Seoul, Emil berharap, para camat untuk mampu mempelajari ilmu baru terkait bagaimana menjalankan roda pemerintahan yang baik. Selain itu, ia juga memberi tugas tambahan yaitu memotret beberapa lingkungan dan infrastruktur di Kota Seoul.

    “Hasil dari studi di Seoul nantinya dikumpulkan dalam bentuk digital, sehingga ada hasilnya selama kita belajar di sana,” kata Emil.

    Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Bandung, Anton Sugiana menjelaskan, 10 camat terbaik tersebut dinilai berdasarkan bagaimana mereka menunjukan kualitas pelayanan publik, kinerja penyelenggaraan tugas umum pemerintahan, ketertiban, kebersihan dan keindahan lingkungan hidup. Selain itu juga inovasi, kreatifitas dan peningkatan indeks kebahagiaan juga menjadi dasar penilaian pihaknya.

    Selama ini, pihaknya telah mengevalusi kinerja camat secara Sistem Informasi Penilaian (SIP) sesuai kriteria. Laporannya diverifikasi secara online dan juga diverifikasi secara langsung ke lapangan.

    “Nilai yang baik salah satunya yaitu saat camat berinteraksi dengan warga. Seperti makan malam bersama keluarga pra sejahtera, subuh keliling, jumat keliling dan culinary night,” papar Anton.

    Anton menambahkan, persentase kegiatan di kelurahan juga berpengaruh kepada kecamatan. Seluruh tingkat pelayanan akan mempengaruhi seluruh kinerja di wilayah masing-masing.

    “Jadi kalau pelayanan dikelurahan baik, maka berpengaruh juga di kecamatan,” ujarnya.

    Berikut 10 camat terbaik beserta capaian nilainya:
    1. Camat Cinambo, Dadang Iradi (93,56)
    2. Camat Batununggal, Enjang Mulyana (89,89)
    3. Camat Lengkon g, Tubagus Agus Mulyadi (88,08)
    4. Camat Antapani , Raden Sarjani saleh (87,36)
    5. Camat Panyileukan, Hamdani (87,25)
    6. Camat Cidadap, Yasa Hanafiah (87,18)
    7. Camat Cibeunying Kaler, Maman Rohman (87,14)
    8. Camat Sukajadi, Yudy Hermawan (87,13)
    9. Camat Coblong, Dedi Priadi Nugraha (87,05)
    10. Camat Bojongloa kidul, Aniya Rachmawati (87,04)

    (Andrian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img