spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Survei Indodata: Jelang Pencoblosan, Yossi-Aries Ungguli Paslon Lain

    BANDUNG, FOKUSJabar. co. id: Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Yossi Irianto-Aries Supriatna kembali unggul versi survei Indodata dengan raihan elektabilitas 38,2 persen suara.

    Perolehan tersebut semakin menegaskan paslon Yossi-Aries meninggalkan dua pasangan lain, yakni paslon Oded M Danial-Yana Mulyana dan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat.

    Bahkan elektabilitas Yossi-Aries terus menanjak dibanding hasil beberapa survei sebelumnya.

    Direktur Eksekutif Indodata Danis T. Saputra mengatakan, survei Indodata menggunakan metode Mix Method, yakni menggabungkan informasi data terbuka dan informasi data tertutup. Metode ini melibatkan 1.241 responden dengan margin error 2,78 persen.

    Indodata telah melakukan tiga kali survei terkait Pilwalkot Bandung. Pada survei Februari 2018 lalu, pasangan Yossi-Aries memperoleh hasil 35,2 persen, sementara Oded-Yana berada di posisi kedua dengan 33,9 persen, dan Nurul-Chairul di posisi ketiga 18,2 persen.

    Survei kedua Indodata dilakukan pada April 2018, dan hasilnya pasangan Oded-Yana mulai mendekati pasangan Yossi-Aries dengan selisih tipis. Pada survei kedua itu, Oded-Yana meraih 35,4 persen dan Yossi-Aris 37,7%. Sementara Nurul-Chairul masih di posisi ketiga dengan 19,7 persen.

    Kemudian, survei ketiga yang dilakukan Mei 2018, pasangan nomor urut 2 Yossi-Aries unggul telak dibandingkan paslon lainnya. Paslon Yossi-Aries meraih 38,2 persen dan Oded-Yana di posisi kedua dengan raihan 29,3 persen dan paslon Nurul-Chairul terpaut sedikit dari posisi kedua yakni 27,8 persen.

    Danis mengatakan bahwa keunggulan Yossi-Aries pada survei ini didorong oleh pemilih milenial yang menilai pasangan berjargon ‘Hebring’ itu berpengalaman dan memiliki program nyata untuk Kota Bandung. Selain itu, pasangan ini juga mampu merangkul semua kalangan.

    “Yossi-Aries bahkan berpeluang menguat menjadi 40-60 persen lantaran dipengaruhi dukungan Ridwan Kamil sebagai wali kota sebelumnya,” kata Danis dalam rilis hasil survei yang diterima wartawan, Kamis (21/6/2018).

    Danis mengatakan pasangan nomor urut 2 memang akan sulit terkejar.

    “Hal ini karena Ridwan Kamil, wali kota Bandung non aktif sudah merapatkan dukungannya pada Yossi- Aries,” kata dia.

    Pemilih Ridwan Kamil, sudah mulai mengidentifikasi posisi politiknya dan mengalihkan dukungan ke paslon Yossi-Aries.

    Dengan demikian, dia memprediksi pasangan Yossi-Aries adalah pasangan yang berpeluang besar menjadi Wali Kota Bandung pada Pilwalkot 27 Juni mendatang.

    Alasannya, kepercayaan publik terhadap tokoh dari pemerintahan dan dukungan Ridwan Kamil menjadi daya dorong bagi elektabilitas pasangan Hebring.

    Sementara posisi kedua diperebutkan oleh pasangan Nurul-Chairul dan pasangan Oded- Yana. Keadaan ini terjadi karena semakin baiknya pencitraan pasangan Nurul- Chairul di masyarakat Kota Bandung. Sedangkan pencitraan Oded-Yana semakin melemah.

    Peningkatan elektabilitas Nuruli, kata Danis, bukan karena pengalihan suara dari Yossi- Aries. Tapi justru dari Oded-Yana. Menurut dia, persepsi masyarakat bergoyang oleh berbagai isu yang menerpa PKS.

    PKS sebagai pengusung Oded-Yana saat ini sedang terkena sentimen isu radikalisme. PKS, lanjut Danis, juga diisukan tidak menerima kearifan lokal.

    Selain itu, Danis menilai, lemahnya kepuasan publik terhadap jawaban Oded-Yana saat debat serta sejumlah program yang dianggap tidak riil ikut menjadi penyebab keduanya harus menyerahkan posisi kedua kepada Nurul-Chairul.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img