spot_img
Minggu 12 Mei 2024
spot_img
More

    Norwegia Melarang Penggunaan Cadar di Lembaga Pendidikan

    NORWEGIA, FOKUSJabar.id : Pemerintah Norwegia mengesahkan beleid yang melarang penggunaan cadar yang menutup sebagian atau seluruh wajah di lembaga-lembaga pendidikan.

    Rancangan undang-undang tersebut berlaku bagi siswa dan guru, serta para staf di pusat-pusat penitipan anak ‘dalam situasi mengajar. RUU didukung mayoritas dalam pemungutan suara dua putaran yang digelar terpisah selama tiga hari, sesuai dengan prosedur Parlemen Norwegia.

    Dilaporkan The Local Norwegia, anggota parlemen dari Partai Sosialis Kiri, Merah dan Hijau menentang RUU tersebut. Partai Sosialis Kiri mendukung larangan bagi para staf pengajar tetapi tidak untuk siswa.

    Sebaliknya, Partai Kemajuan yang anti-imigrasi menyatakan kegembiraanya atas pengesahan RUU tersebut.

    “Ini berita yang sangat bagus. Ketika pada tahun 2003 kami mengusulkan larangan total atas niqab dan burqa, kami ditertawakan. Kami melihat sekarang bahwa kami telah berhasil membawa lingkungan politik ke sudut padang kami,” kata Ashild Bruun-Gundersen, seorang anggota parlemen dari Partai Kemajuan, seperti dilansir CNN, Jumat (8/6/2018).

    “Dalam beberapa tahun ke depan, kami percaya bahwa politisi Norwegia akan siap untuk mengesahkan larangan total niqab di depan umum,” tambahnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img