spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Hasan Yakin BIJB Dongkrak Ekonomi Rakyat

    MAJALENGKA, FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo membuka secara resmi operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis (24/5/2018).

    BIJB Kertajati adalah badara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta dengan luas mencapai 1.800 hektar.

    Calon Gubernur Jawa Barat Nomor urut 2 TB Hasanuddin (Hasan) yakin Bandara Kertajati akan mendongkrak perekonomian warga di sekitarnya, terutama di wilayah Majalengka, Kuningan, Indramayu dan Cirebon.

    Adanya BIJB Kertajati menurut dia, bisa melahirkan pusat ekonomi baru di wilayah Timur Jawa Barat itu.

    Bandara Kertajati,  kata dia, bisa mendorong masyarakat sekitar untuk mendapatkan banyak profesi dan aktivitas yang menguntungkan.

    “Sektor perdagangan pasti meningkat. Sektor jasa akan dibutuhkan, industri pun otomatis akan berkembang,” kata Hasan usai bertemu masyarakat Desa Sukamanah, Kecamatan Bojong, Purwakarta (24/5/2018)

    Hasan pun meyakini keberadaan Bandara  Kertajati akan mendukung pengembangan Provinsi Jawa Barat pada sektor Pariwisata. Terutama di Majalengka dan Kuningan yang menyimpan potensi wisata alam dan sejarah.

    “Potensi alam di Majalengka itu kelas dunia, tinggal kita tunjang infrastrukturnya,” kata Hasan.

    Dia pun menjamin akan memanfaatkan keberadaan Bandara Kertajati sebagai simpul pembangunan Jawa Barat bagian Selatan.

    Pihaknya menyiapkan Program Pembangunan Jalur Kereta Api dan Jalan Jawa Barat Lintas (Jalur Rajawali).

    “Pak Jokowi sudah serius membangun Kertajati. Tentu Gubernurnya harus serius juga. Saya akan siapkan Jalur Rajawali,” tegas dia.

    Jalur Rajawali merupakan program pembangunan infrastruktur jalan raya dan jalur kereta api untuk menghubungkan wilayah di Jawa Barat, terutama wilayah selatan dan utara.

    Melalui konsep jalur ini, seluruh wilayah di Jabar akan terhubung dengan baik dan merata. Hasan yakin dengan Jalur Rajawali, sektor wisata di Jabar Selatan yang meliputi Garut Selatan, Cianjur Selatan dan Tasikmalaya Selatan dan Sukabumi Selatan akan terdongkrak.

    “Saya yakin dengan Jalur Rajawali ini kesenjangan di Selatan akan kita kikis,” jelas Hasan.

    Keberadaan Bandara Kertajati saat ini  bisa membantu  masyarakat yang mau mudik Idul Fitri.

    “Insya Alloh dengan adanya bandara Kertajati kepadatan mudik akan berkurang,” tutur dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img