spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Perluas Segmen Bisnis, bank bjb Tandatangani MoU dengan Al Rajhi Bank

    JAKARTA, FOKUSJabar.id : Bjb dengan jaringan sebanyak 2.397 yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, hingga Sulawesi. Selalu terus melakukan inovasi dalam mengembangkan bisnis perusahaannya. Seiring dengan semakin tumbuh dan berkembang dimana saat ini bjb telah memposisikan dirinya duduk di urutan ke 12 besar bank nasional, bank bjb terus melakukan sinergi dan kerjasama dengan berbagai instansi/lembaga baik dari Pemerintah maupun swasta untuk memperluas lingkup bisnisnya termasuk kepada segmen bisnis komunitas mengelola Pilgirm dan Expatriat khususnya dalam hal pengiriman uang. Oleh karenanya, bank bjb menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Al Rajhi Banking & Investment Corporation (Malaysia) Berhad yang ditandatangani oleh Direktur Operasional bank bjb Fermiyanti dan Chief Operating Officer (COO) Al Rajhi Bank Zarir Bin Mohd Rawi bertempat di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta (16/5). Adapun ruang lingkup MoU meliputi General Banking Services’s Project.

    Melalui kerjasama ini bank bjb berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah, khususnya bagi Para Pelancong Spiritual/Religious Tourism (Pilgrim) dan para pahlawan devisa (Expatriat) dengan memberikan solusi direct payment ke Kingdom of Saudi Arabia (KSA) yang selama ini dirasakan menjadi kendala dalam pengelolaannya. Pengelolaan bisnis komunitas Pilgrim dan Expatriat memiliki potensi yang sangat besar, khususnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki popupasi penduduk terbesar ke-4 di dunia, dimana 85% penduduknya beragama Islam yang berpotensi melaksanakan Haji dan Umroh sebagai perjalanan spiritual dengan kuota Haji dan Umroh yang terus meningkat setiap tahunnya (Tahun 2017 sebesar 221.000 jemaah). Kemudian berdasarkan data dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Indonesia merupakan negera yang terbanyak dalam menempatkan tenaga kerjanya di luar negeri, khususnya di wilayah Timur Tengah setelah ASEAN.

    Dari model bisnis ini diharapkan dapat meningkatkan fee based income bagi bank bjb, memperluas segmen pasar sesuai captive market bank bjb yang potensial khususnya masyarakat yang akan melakukan Haji dan Umroh serta Pilgrim, dapat manambah daya saing produk Debit Card bank bjb sehingga tentunya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah.

    Tentang Al Rajhi Bank Malaysia

    Al Rajhi Bank Malaysia, merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh bank Islam terbesar Di dunia yaitu Al Rajhi Bank KSA, yang didirikan pada bulan Oktober 2006 dan diresmikan pada tahun 2007. Bank Al Rajhi Malaysia menjadi Bank Arab pertama yang beroperasi Di Asia Tenggara, sebagai bagian dari kelompok perbankan yang mematuhi prinsip Syariah Dan berperan Dalam menjembatani kesenjangan antara tuntutan keuangan modern dan nilai2 intrinsik, serta memelopori banyak standar dan pengembangan industri.

    Berakar pada prinsip-prinsip perbankan Islam dan beroperasi pada platform yang sama dengan induknya, Al Rajhi Bank Malaysia didirikan dengan nilai-nilai kebenaran, kehormatan dan rasa hormat. Bank terus berupaya untuk memperluas paket produk dan layanannya untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya, memberikan solusi keuangan yang inovatif dan sesuai prinsip Syariah pada segmen ritel, korporasi, trisuri dan investasi. Saat ini Al Rajhi Bank Malaysia beroperasi melalui 18 Kantor Cabang dan mesin ATM yg telah tersebar Di Malaysia.

    (HW)

    Berita Terbaru

    spot_img