spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    Desa Margajaya, Sukadana, Ciamis Raih Penghargaan Pengelolaan Dana Desa Terbaik

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Desa Margajaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis menjadi peringkat keempat sebagai desa terbaik dengan kategori pengelolaan dana desa.

    Anugerah penghargaan diberikan dalam Treasury Award yang digelar Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jumat lalu (18/5/2018).

    Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Jabar Yuniar Yanuar Rasyid mengungkapkan desa berprestasi dilihat dari cara pengelolaan teknis dana desa serta hasilnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

    “Kita lihat dalam perencanannya sesuai dengan RPJMN-nya, terus kita hubungkan lagi dengan RKP-nya, kemudian kita hubungkan lagi dengan APBDesnya. Kemudian kita lihat bagaimana realisasi yang ada setelah itu direncanakan dianggarkan,” kata Yuniar di kantornya Jalan Dipenogoro Kota Bandung.

    Lalu, katanya, setelah dana desa direalisasikan selanjutnya dilihat pengelolaan keuangan dan pencatatan adminstrasinya. Desa yang berprestasi pasti mempunyai pencatatan yang baik dengan buku-buku kas dan buku bank yang komplit. Selain dari itu, Ditjen Perbendaharaan juga melihat bagiamana desa itu membayar pajaknya.

    “Termasuk juga BUMDes, apakah mereka juga ada BUMDEsnya. Kalau memang ada apakah sudah aktif atau tidak. Dan juga apakah BUMDesnya itu juga banyak melibatkan tenaga kerja atau bagaimana,” ucap Yanuar.

    Dia mengaskan, ada empat kriteria yang menentukan desa berprestasi dalam pengelolaan dana desa yakni, perencanaan dana desa, pelaksanaan dana desa, pelaporan dan pertanggungjawaban dana desa, serta penggunaan dana desa untuk BUMDes.

    Berikut daftar peringkat desa terbaik dengan kategori pengelolaan desa terbaik. Peringkat pertama diraih Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, kedua Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, ketiga Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, keempat Desa Margajaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, dan kelima Desa Kanangasari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat.

    (Ibenk)

    Berita Terbaru

    spot_img