spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Jelang Ramadhan Warga Desa Karangkamulyan Gelar Ngikis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id : Ratusan warga Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis bersimpuh di hadapan Situs Pangcalikan yang berada di Situs  Bojong Galuh Karangkamulyan. Senin (7/5/2018).

    Ratusan warga Desa Karangkamulyan tersebut dengan khusu dan hidmat memanjatkan Do’a kepada Alloh SWT agar diberikan kekuatan lahir dan bathin saat menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

    Prosesi berdo’a bersama tersebut merupakan rangkaian upacara adat ” NGIKIS ” yang rutin digelar setahun sekali setiap hari Senin terakhir menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan.

    Setelah selesai berdoa bersama acara kemudian dilanjutkan dengan para sesepuh dan tokoh masyarakat serta undangan dari unsur pemerintah bersuci disebuah guci besar dimana air tersebut diambil dari berbagai mata air yang ada dipelosok nusantara.

    “Setelah selesai berdoa kemudian juru kunci yang dilanjutkan oleh sesepuh dan perwakilan pemerintah berkenan mengganti pagar yang memagari Situs Pangngcalikan tersebut,” kata Kepala Desa Karang Kamulyan Muhamad Abdul Haris.

    Abdul Haris mengatakan, pilosifi yang bisa diambil dari acara ” Ngikis ” tersebut yaitu memagari diri dari hal-hal yang dilarang Agama sehingga saat melaksankan ibadah Puasa kondisi badan maupun jiwa kita sudah dalam kondisi bersih.

    (Husen Maharaja)

    Berita Terbaru

    spot_img