spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Walhi Jabar “Tantang” Paslon di Pilgub Jabar Paparkan Visi-Misi Tentang Lingkungan Hidup

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Ketua Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Barat Dadan Ramdan akan mengajak para kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar untuk berdialog dengan tema Lingkungan Hidup, Kamis (3/5/2018) mendatang di Gedung Indonesia Menggugat (GIM).

    “Kami berharap para kandidat bisa menyampaikan apa visi, misi, komitmen, kebijakan dan program pencegahan serta percepatan pemulihan lingkungan hidup dalam lima tahun ke depan,” kata Dadan di Bandung, Senin (30/4/2018).

    Menurut dia, kondisi ruang dan lingkungan hidup di wilayah Jawa Barat terus memburuk, baik di perkotaan maupun di pedesaan, di wilayah Jawa Barat utara, tengah dan selatan.

    “Kerusakan dan pencemaran lingkungan semakin meningkat seiring dengan jumlah sengketa dan kasus-kasus lingkungan hidup yang terjadi di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Kualitas kesehatan lingkungan pun terus menurun seiring daya dukung lingkungan hidup yang berkurang dan daya tampung lingkungan hidup yang makin terlampaui,” kata dia.

    Tidak hanya itu, Indek Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Jawa Barat dari tahun ke tahun pun semakin menurun. Pada tahun 2016, nilai IKLH Jawa Barat sekitar 42,52 atau berada pada peringkat 30 dari 33 provinsi di Indonesia .

    “Kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup telah memberikan kontribusi pada bencana lingkungan hidup di Jawa Barat yang setiap tahun cenderung meningkat. Setiap tahun kita selalu berhadapan dengan bencana lingkungan hidup seperti banjir, banjir bandang, longsor, kekeringan, angin puting beliung, gerakan tanah dan lainnya, ” jelasnya.

    Selain itu, kata Dadan, bencana lingkungan hidup telah memberikan dampak pada korban jiwa, kerugian ekonomi dan lingkungan hidup. Selama tiga tahun terakhir, jumlah kejadian bencana mencapai 2.671 kejadian dengan 256 orang meninggal dunia .

    “Karena itu dalam momentum hari BUMI, Walhi Jabar mengundang para kandidat untuk membedah dan membaca visi, misi serta program perlindungan lingkungan hidup Jawa Barat dalam lima tahun ke depan. Kami pun menghimpun masukan dan aspirasi publik untuk perbaikan kebijakan pemulihan dan perlindungan tata ruang dan lingkungan hidup serta percepatan pemulihan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup lima tahun ke depan,” kata dia.

    (Budi/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img