spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Potensi Banyak, Herdiat Optimis Ciamis Bisa Mandiri Secara Ekonomi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Calon Bupati Ciamis nomor urut 1 Herdiat Sunarya optimis Kabupaten Ciamis mandiri secara ekonomi kalau pola pikir para petani, perajin hingga peternak di Kabupaten Ciamis diubah. Selama ini Ciamis masih tertinggal dibanding kabupaten tetangga. Buktinya angka kemiskinan di Ciamis mencapai 1800 KK, dengan jumlah pengangguran mencapai 66 ribu jiwa.

    “Padahal Ciamis ini punya potensi alam berlimpah yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran,” kata Herdiat di Gedung Gelanggang Galuh Taruna Kabupaten Ciamis, Senin (30/4/2018).

    Dia mencontohkan produksi kopi Ciamis yang mencapai 700 t0n per tahun. Jika dikemas sedemikian rupa,

    ” Ciamis memproduksi hampir 700 ton kopi pertahun, namun pola pikir petani hanya hanya sebatas perodiksi, Padahal bisa dikemas sesemikian rupa, membangun produk khas Ciamis dari kopi, vukan hanya sekedar panen lalu dijual ke pihak liar, dikemas oleh pihak lain,” ujar Herdiat saat mengukuhkan Relawan Tim Pemenangan Pasangan Calun Bupati Wakil Bipati Ciamis no 1 Herdiat Yana

    Selain itu lanjut Herdiat, Ciamis adalah penghasil ribuan meter kubik kayu jati dan albasiah, namun hampir semua diolah diluar daerah, Ciamis tidak punya pabrik pengelolaan kayu satupun.

    ” Apabila semua potensi itu dikemas oleh kita dengan management yang baik dan proporsional, insyaaloh akan menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran serta memangkas angka kemiskinan,” tegasnya.

    Herdiat memaparkan, Ciamis produsen ayam terbesar di Jawa Barat, namun kembali tidak dikemas dengan management berbasis peningkatan mutu kualitas peningkatan perekonomian masyarakat lokal.

    “Masyarakat Ciamis harus mau berubah, jangan diam saja disebut Kota Pensiun, harus beubah, Ciamis haris punya Hotel berbintang, kota harus membuat sendiri alur perekonomian sehingga bisa mandiri,” paparnya.

    (Riza M Irfansyah/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img