spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Demiz: Masih Banyak PR untuk Kembangkan Ciletuh

    SUKABUMI, FOKUSJabar.id: Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar (Demiz) mengaku bahwa masih banyak pekerjaan rumah (PR) untuk pengembangan Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi setelah ditetapkan sebagai Universal Global Geopark (UGG) oleh Unesco awal April lalu.

    Demikian diungkapkan Demiz saat mengunjungi Ciletuh pada agenda kampanye Gubernur Jabar, Sabtu (28/4/2018).

    “Terutama soal infrastruktur sebagai fasilitas penunjang pariwisata, seperti pemantapan jalan, dermaga dan lainnya, termasuk pembangunan dermaga baru di kawasan Palabuhanratu,” kata Demiz yang ikut menata dan menyiapkan Ciletuh sebagai UGG bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

    Dia mengaku memiliki kewajiban untuk terus mengembangkan UGG Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi itu.

    “Tentu saja itu akan menjadi perhatian khusus Saya jika terpilih nanti, karena Saya ikut membidagni lahirnya UGG ini” jelas dia.

    Hal lain yang belum dilengkapi di UGG Ciletuh Palabuhanratu adalah pembangunan bandara seperti yang disyaratkan Unesco di kawasan Geopark.

    “Bandara sudah ditentukan tempatnya di Cikembar. Sebelumnya ada dua pilihan yaitu Citarate dan Cikembar, namun akhirnya dengan berbagai pertimbangan, Cikembar yang ditentukan” ungkap Wagub Jabar periode lalu itu.

    Dalam jangka panjang pun, kesiapan masyarakat Ciletuh harus terus dipersiapkan, terlebih saat ini daerahnya menjadi kawasan wisata dunia.

    “Secara berkesinambungan masyarakat harus terus disiapkan untuk mengubah budaya dari masyarakat petani atau nelayan menjadi masyarakat melek pariwisata,” kata dia.

    Lebih lanjut Demiz berharap, masyarakat setempat benar-benar bisa mengambil manfaat daru UGG.

    ” Jangan justru orang luar yang mengambil keuntungannya, sementara masyarakat setempat jadi penonton.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img