spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    BUMDes Pancakarya Malangbong Fasilitasi Hasil Tatanen Warga

    GARUT, FOKUSJabar.id : Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pancakarya, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut membantu para petani dalam memfasilitasi hasil tatanen para petani.

    Demikian diungkapkan Kepala Desa Girimakmur, Kecamatan Malangbong, Solehudin Rais. Menurutnya, BUMDes Pancakarya merupakan BUMDes bersama lima Desa (Desa Girimakmur, Sanding, Karangmulya, Barudua, dan Desa Cinagara) yang lokasinya berada di Jalan Nasional Bandung-Tasik Desa Cinagara Kecamatan Malangbong Garut.

    ” BUMDes ini memfasilitasi petani dalam pemasaran hasil tatanen,” kata Solehudin, Senin (16/4/2018).

    Ditambahkannya, BUMDes Pancakarya sudah melakukan kerja sama dengan PT Sarinah Jaya. Yang mana MoU sudah disepakati dan ditandatangi bersama di Kecamatan Karangtengah.

    Dijelaskannya, adapun produk unggulan yang menjadi keunggulan diantaranya, Desa Barudua Stroberi, Girimakmur Kopi jenis Arabika, Karangmulya sayuran, buah buahan, jambu kristal (jambu merah yg tidak ada bijinya) Cinagara pintu masuk budaya karena desa tersebut dijalan nasional Bandung Tasik, dan Desa Sanding budaya, wisata religius dan home industri.

    ” Kini sudah berjalan, mulai dari pengemasan stroberi dan yang lainnya,” imbuhnya.

    Bahkan lanjut dia, kedepan PT Sarinah Jaya mempercayakan ke BUMDes ini guna menampung hasil tatanen warga se-Wilayah Priangan Timur.

    ” Dengan adanya BUMDes ini bisa mendongkrak penghasilan para Petani dan tidak akan takut dalam memasarkan hasil bumi,” pungkasnya.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img