spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Syuting Film Dianggap Bermuatan Kampanye, Ini Respon Cagub Deddy Mizwar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id – Aktivitas syuting Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di masa kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 dianggap kental muatan politik.

    Seperti diketahui, Deddy Mizwar tengah menggarap sinetron khusus Ramadhan berjudul ‘Cuma di Sini’. Di masa kampanye ini, Deddy Mizwar menempatkan untuk syuting film tersebut di kawasan Jakarta.

    Dengan situasi tersebut, Deddy Mizwar telah mengadakan pertemuan dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada Kamis (11/4/2018). Hasil pertemuan tersebut, batasan maupun larangan bagi aktor bermain film saat mengikuti ajang Pilkada.

    Deddy memastikan, dalam sinetron yang digarap ini tidak ada muatan kampanye Pilgub Jawa Barat. “Tidak ada iklan kampanye dalam sinetron saya, tidak ada sosialisasi ajakan mencoblos nomor empat, kan gak ada,” ujar Deddy, Jumat (12/4/2018).

    Menurutnya, ketidakjelasan aturan itu nantinya akan menjadi perhatian. Deddy menegaskan, syuting film dilakukan sebagai tanggungjawab kepala keluarga karena tugas Wakil Gubernur Jawa Barat dilepas dalam masa cuti.

    “Ini nanti dibahas dengan KPI, Bawaslu dan KPU khusus masalah saya. Kemudian, saya gak punya mata pencaharian, gimana?. Kalau yang lain barang kali yang bukan aktor main film, main sinetron gak dibayar kan?,” katanya.

    Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat aturan mengenai penyiaran iklan terkait kampanye pasangan calon di Pilkada 2018. Dalam aturan tersebut tercantum kandidat tidak boleh muncul di tayangan sinetron maupun iklan di stasiun televisi.

    “Misalnya dalam sinetron, aktornya itu kandidat, nah itu menjadi permasalahan yang diatur dalam PKPU (Peraturan KPU), karena bisa saja ditafsirkan sebagai upaya memperkenalkan diri, dan itu masuk dalam ruang lingkup kampanye dan itu yang tidak boleh dilakukan oleh kandidat,” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat ditemui di sela-sela sosialisasi pengaturan kampanye di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (26/2).

    (Adie/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img