spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Kekurangan Komputer UNBK di Ciamis Molor

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komuputer (UNBK) SMA/SMK hari pertama di Kabupaten Ciami secara umum berlangsung lancar. Namun beberapa sekolah terpaksa harus melaksankan ujian hingga sore hari. Hal tersebut terjadi karena jumlah perangkat komputer yang tersedia terbatas.

    Seperti di SMAN 3 Ciamis, 215 peserta UNBK di sekolah ini dibagi menjadi tiga kelompok dan melaksanakan ujian secara bergantian. “Ya di sini kita bagi tiga shift. Kontrak waktu pelaksanaan sama satu mata pelajaran 120 menit. Selesainya ya sekitar jam 16.00,” kata Kepala SMAN 3 Ciamis Dede Hidayat di ruang kerjanya Senin (9/4/2018) petang.

    BACA JUGA: Jelang UNBK, SMAN 3 Bandung Gelar Try Out Bersama

    Ditambahkan Dede pelaksanaan dengan membagi shift ini tidak hanya di SMAN 3 Ciamis hampir mayoritas membagi jumlah peserta dengan ketersediaan komputer yang ada.

    Hal yang sama dilakukan Kepala SMAN 1 Banjarsari Irsyadul Hidayat. Pihaknya juga membagi 387 peserta yang terdaftar menjadi tiga shift. “Kami membagi tiga shif karena keterbatasan komputer,” ujar Irsyadul, seraya mengatakan untuk mengantisipasi kebocoran soal, seluruh siswa tidak diperbolehkan membawa handphone ke ruangan.

    Sementar di SMAN 2 Ciamis pelaksanaan UNBK hanya dibagi menjadi satu shift. Peserta yang terdaftar di SMAN 2 Ciamis sebanyak 354 peserta. Di SMAN 2 Ciamis selain komputer yang disediakan sekolah peserta juga membawa laptop yang selama UNBK di taruh di sekolah.

    “Kami hanya satu shift saja. Hanya dibagi menjadi lima ruang kelas. Satu ruang untuk 120 peserta. Selain komputer yang ada sekolah juga memberdayakan laptop siswa,” kata Kepala SMAN 2 Ciamis Endang Rachmat.

    (DH)

    Berita Terbaru

    spot_img