spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Memulai Usaha Butuh Nyali

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Praktisi yang juga penggagas komunitas Jago Jualan Dewa Eka Prayoga mengatakan, untuk memulai suatu usaha membutuhkan keberanian. Adapun strategi dan lainnya hanya penunjang usaha berjualan.

    Nyali aja dulu. Yang penting tahu apa yang kamu lakukan, dan  pasarnya siapa, produknya apa, trus fashion kamu di mana. hajar aja bleh,” kata Dewa kepada FOKUSJabar.id, Kamis (5/4/2018).

    Menurut Dewa, banyak orang yang dilihat dari segi pendidikan dan keilmuan mumpuni untuk melakukan usaha, namun tidak bisa memulai, bahkan terkesan ragu. Pada akhirnya hanya berkutat di teori tanpa mau langsung terjun ke lapangan.

    “Seorang pengusaha harus terjun langsung ke lapangan. Ini, lagi-lagi tergantung apa yang dia yakini. Tidak bisa di kotak-kotakan harus paham ilmu ini dan itu, untuk memulai usaha hal tersebut bukanlah yang terpenting,” ucapnya.

    Kendati demikian, Dewa menyarankan saat usaha mulai jalan, semua ilmu yang berkaitan dengan dunia usaha harus dimiliki oleh pengusaha. Menurutnya, kesemuanya itu bisa menjadikan usahanya terus berkembang dan berimbang.

    ” Nah, pas udah mulai baru kita butuh ilmu. Ilmunya macem – macem tidak bisa dipetak-petakan, apakah keuangan, akuntansi atau apalah. Karena pada akhirnya semua ilmu harus dikuasai. Intinya memulai bisnis butuh keberanian, jalani bisnis butuh keilmuan dan untuk itu dua-duanya harus seimbang,” kata dia.

    (Budi/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img