spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Deddy Mizwar: Produksi Pertanian Kuningan Perlu Dioptimalkan

    KUNINGAN,FOKUSJabar.id: Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar akan mengoptimalkan potensi pertanian di daerah pendukung lumbung padi, seperti Kuningan dengan menitikberatkan pembangunan waduk dan irigasi teknis.

    Deddy mengatakan, meski belum signifikan Kuningan memiliki potensi besar di sektor pertanian kalau dibandingkan dengan Indramayu.

    BACA JUGA:

    Perekonomian Jabar Meningkat di Triwulan Pertama 2024

    “Makanya itu perlu didorong agar lebih dioptimalkan,” jelas Deddy saat melakukan peninjauan panen raya di daerah Luragung Kuningan, Kamis, (29/3/2018).

    Sektor pertanian di wilayah Kuningan memang perlu lebih dioptimalkan, sehingga hasilnya pun bisa maksimal. Apalagi di wilayah Kuningan ini banyak pesawahan tadah hujan.

    “Seperti di wilayah Luragung, ini sawah tadah hujan, produksinya bisa mencapai sekitar 5 ton per hektar gabah kering giling. Itu cukup bagus,” katanya.

    Langkah optimalisasi salah satunya melalui irigasi teknis. Apalagi di wilayah Kuningan ini akan dibangun waduk Kuningan.

    “Barangkali masalah irigasi teknisnya, sementara di Kuningan nanti ada waduk yang dibangun juga, Kalau Sumedang ada waduk Sadawarna dan Cipanas,” kata dia.

    Lebih lanjut Deddy mengatakan, irigasi merupakan hal yang penting. Karena itu pemerintah pun akan membangun 7 waduk di Jabar.

    “Mudah mudahan bisa lebih meningkat produksinya, bukan hanya produksi per hektar, tetapi juga index penanamannya bisa 2 sampai 3 kali lipat. Selain itu tinggal ditambah lagi inovasi teknologi dengan 2 kali setengah kali penanaman setahun tapi hasilnya lebih besar karena ada pembenihan dan pupuk yang bisa meningkatkan produksi,” katanya.

    Menurut dia, banyak hal yang perlu dikembangkan dalam sektor pertanian di Jabar. Termasuk juga pengembangan lahannya, apalagi selama ini banyak lahan pertanian yang dialih fungsikan.

    “Lahan pertanian ini masih sulit untuk dikembangkan intensifikasinya, banyak alih fungsinya. Makanya intensifikasinya plus irigasinya, kan baru 74 persen, jadi ada 26 persen lagi yang belum teririgasi dengan baik, makanya waduk waduk akan dibangun, ada 7 waduk termasuk Sukamahi, Ciawi, Sadawarna, Leuwi Keris, Patenggeng, Cipanas dan Waduk kuningan. Itu segera dibangun,” jelas dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img