spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Ketua PGRI Ciamis Sebut Perbuatan Oknum Guru Agama Itu Lukai Hati Masyarakat

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Adanya dugaan kasus pencabulan oknum guru agama SMP Negeri 1 Sadananya, Kabupaten Ciamis, Abd kepada salah satu siswinya, R (16) dinilai telah mencoreng dunia pendidikan di Tatar Galuh ini.

    Karenanya, Ketua PGRI Kabupaten Ciamis, Endang Rahmat mengutuk keras perbuatan tersebut.

    ” Tidak sepatutnya seorang pendidik berperilaku seperti itu. Saya mengutuk keras. Sungguh sangat biadab kalau memang itu terbukti terjadi,” kata Endang di SMA Negeri 2 Ciamis, Senin (19/3/2018).

    Kepala SMA Negeri 2 Ciamis itu mengatakan, perbuatan amoral seorang pendidik kepada siswa akan melukai hati masyarakat. Jiwa seorang pendidik yang harusnya menjadi suri tauladan pun hilang.

    “Ada slogan, guru digugu dan ditiru. Mengartikan bahwa masyarakat berharap guru sebagai tauladan dalam berbagai kegiatan kehidupan. Di sekolah guru menjadi panutan siswanya,” ujar Endang.

    Dia berharap, korban R yang masih duduk di kelas 9 bisa terbina dengan baik. Para pendidik harus bersama-sama mendukung korban, menghilangkan trauma anak, karena pengalaman buruk seperti itu akan menghancurkan masa depannya.

    “Harus ada pembinaan khusus kepada anak atau pelajar yang menjadi korban. Dia harus punya masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

    Sebelumnya diberitakan, Kepolisian Resort (Polres) Ciamis telah menetapkan oknum guru agama, Abd menjadi tersangka karena diduga telah melakukan pencabulan kepada siswanya R.

    Dalam keterangan yang diperoleh Polres Ciamis, oknum Abd mencabuli korban R sebanyak dua kali. Pertama di sebuah penginapan di daerah Pangandaran dan ke dua di rumah N yang juga masih guru dari korban.

    “Kami akan terus dalami kasus ini. Kemungkinan akan ada tersangka baru yang masih menjadi saksi karena ikut terlibat dalam kasus Abd. Dan kemungkinan juga ada korban Abd lain selain R. Kami masih mendalaminya,” terang Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Hendra Virmanto saat menggelar Konfrensi Pers di Polres Ciamis, Sabtu lalu.

    (Ibenk/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img