spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Siap Antar Saan Mustopa Jadi DPR RI, Tim Gelar Konsolidasi

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa mulai menyiapkan jejaring politiknya menjelang Pemilihan Legeslatif (Pileg) 2019 sebagai bakal calon legeslatif (bacaleg) DPR RI Jawa Barat X yang meliputi wilayah Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Ini ditandai oleh digelarnya Konsolidasi Tim Saan Mustopa yang dimpimpin David Firdaus di Rumah Makan Panenjoan Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis, Minggu (18/3/2018).

    Pada konsolidasi yang dihadiri Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) NasDem sewilayah DPC Kabupaten Ciamis, unsur Pengurus DPC dan unsur relawan, David memaparkan rencana Saan Mustopa maju di Jabar X dan beberapa strategi yang harus dilakukan.

    “Saya diamanatkan untuk mengkonsolidasi penyuskesan Kang Saan di Dapil Jabar X yang meliputi Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Harus terbangun sinergitas dan kekompakan semua komponen partai dan caleg-caleg di tingkat Kabupaten,” kata David.

    Dafid mengungkapkan Pileg 2014 lalu merupakan tahun politik yang cukup buruk bagi Nasdem yang berada di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat X. Partai Nasdem tidak mendapat perwakilan untuk DPR RI, termasuk juga tidak mendapatkan kursi di DPRD Jawa Barat.

    “Tahun 2014 itu hal yang sangat pelik bagi Nasdem. Karena tidak ada perwakilan untuk DPR RI dari Dapil 10. Untuk meraih DPR RI kita harus mengamankan 30 sampai 50 ribu suara lagi dari capaian tahhun kemarin sebanyak 78251 suara. Untuk DPRD Provinsi akan lebih berat lagi karena waktu itu kita kehilangan 70 ribu suara,” ujar David.

    Menurutnya, melihat hasil perolehan suara pada Pileg 2014 lalu ada 14 kecamatan yang meraih suara lebih dari seribu suara. Paling besar ada di PAC Panjalu sebesar 2.245 suara. Suara paling kecil berada di PAC Cimaragas meraih 329 suara.

    “Ini menjadi tantangan, kita harus berjuang bersama. Dan saya bertugas menjembatani semua potensi untuk meningkatkan suara Nasdem. Termasuk menjembatani potensi – potensi caleg DPRD Kabupaten dengan caleg DPRD Jabar dan DPR RI,” tambahnya.

    Pada konsolidasi tersebut Dafid membuka forum dialog menampung berbagai usulan untuk kemudian dijadikan rancang gerak peningkatan jumlah suara Nasdem di Pileg 2019, termasuk penyuksesan Paslon Bupati Ciamis dan Pilgub Jawa Barat yang diusung Partai Nasdem.

    Saan Mustopa sebelumnya dikabarkan akan hadir pada kegiatan konsolidasi namun karena kendala teknis Saan tidak bisa hadir sampai kegiatan tersebut berakhir.

    (Ibenk/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img