spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Hiks! Seni Tradisional “Singa Lugay” Ciamis Nyaris Mati Suri

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Seni Tradisional yang dikembangkan dan menjadi salah satu kebanggaan warga Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, yakni Singa Lugay. Keberadaanya terancam mati suri setelah regenerasi kepengurusan.

    Seni tradisional yang kerap menjadi media promosi Kabupaten Ciamis itu mengalami penurunan kualitas dan kesenjangan regenerasi dari para pelakunya.

    Kepala UPT Pariwisata Kecamatan Panjalu yang juga konseptor pembangkit Singa Lugay, Budi Utama membenarkannya. Setelah regenerasi kepengurusan, kini terjadi penurunan kualitas dari performing arts Singa Lugay.

    ” Saya dan istri sendiri sebagai pendiri yang mengembangkan Singa Lugay merasa prihatin, namun tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, untuk mengembangkan suatu kultur yang dikemas dengan seni pagelaran harus total dan tidak berorientasi pada materi,” ucapnya ketika ditemui di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Rabu (14/3/2018).

    Budi mengaku teringat beberapa tahun lalu ketika dirinya menemukan sebuah Singa terbuat dari kayu dengan ornamen – ornamen beserta sejarah tentang seni Singa Lugay yang sudah usang. Selanjutnya berjuang mengembangkanya hingga mampu membawa harum Ciamis saat tampil memukau di Taman Mini Indonesia Indah dan di Kabupaten/Kota lainnya.

    ” Melalui dukungan dari pemerintah melalui Dinas Pariwisata, saat itu kami merevitalisasi dan mengonsep ulang performing arts Singa Lugay hingga benar-benar menjadi seni yang diingat sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat Ciamis, khususnya Sukadana,” kenang Budi.

    Konsep penampilannya, empat orang pria memangku Singa yang terbuat dari kayu dan ditunggangi sambil menari diiringi lantunan musik tradisional dari Kabupaten Subang yang dikembangkan oleh salah satu warga Sukadana Ciamis di era 70-an.

    Lalu mengalami masa vakum. Sekitar tahun 2014 direvitalisasi dengan konsep empat orang wanita yang memanggul Sisingaan yang ditunggangi dengan busana yang mengeluarkan aura tradisi khas Ciamis.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img