spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Ibu Pengidap HIV/AIDS Melahirkan di RSUD Ciamis

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Seorang bayi dari ibu yang terjangkit virus HIV/AIDS berhasil dilahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis, Rabu (7/3/2018) lalu. Hal tersebut merupakan prestasi yang patut diapresiasi.

    Padahal, pada tahun 2015 lalu, RSUD Ciamis dituding melakukan tindakan diskriminatif karena telah menolak pasien pengidap HIV/AIDS (Odha) hamil yang hendak melahirkan.

    Pada waktu itu, RSUD Ciamis beralasan tidak mempunyai tenaga medis dan peralatan lengkap.

    ” Sekarang RSUD Ciamis sudah siap untuk menangani Odha yang mau melahirkan, patut diapresiasi. Pernah ada kasus kemarin penolakan pas hari AIDS, sehingga si-pasien harus dirujuk ke RSUD Banjar. Pokoknya itu kado terindah bagi Kabupaten Ciamis untuk memperbaiki kualitas pelayanan,” ujar Kasi Pengelola Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan Ciamis, Nova Dahliana, kepada FOKUSJabar.id melalui sambungan telpon.

    Dia mengatakan, pengidap HIV/AIDS yang melahirkan di RSUD Ciamis Rabu lalu itu berasal dari Ciamis dan sudah memiliki empat anak. Ketiga anaknya yang lain sudah dites HIV/AIDS, hasilnya negatif.

    Sementara, bayi keempat yang dilahirkan belum diketahui status HIV-nya. Bayi baru bisa diperiksa dengan Early Infant Diagnosis (EID) setelah berusia 2-8 minggu.

    “Salah satu penularan (HIV/AIDS) dari ibu (Odha) ke anak itu bisa dari plasenta. Bisa jadi dari rahim, atau bisa jadi dari air susu ibu (ASI). Ibu yang Odha itu tidak bisa menyusui, bayi tidak boleh diberi ASI eksklusif,” ucap Nova.

    Dengan kejadian itu, ibu hamil diimbau untuk memeriksakan diri sedini mungkin sebelum usia kehamilannya menua. Saat ini, masih ada Odha hamil dengan usia kandungan tujuh bulan dan siap untuk melahirkan di RSUD Ciamis.

    “Jadi mereka (Ibu hamil) rata-rata diketahui terinveksi HIV/AIDS saat usia kehamilannya sudah lanjut. Padahal (Odha hamil) dengan diberi obat-obatan antiretroviral (ARV) lebih dini bisa menekan potensi penularan HIV kepada bayi,” ucap Nova.

    Sementara pihak RSUD Ciamis sendiri menyatakan bangga atas kelahiran bayi dari Odha.

    Kepala Bagian Pelayanan RSUD Ciamis, Asep Kemal Pasha menegaskan, pelayanan di RSUD Ciamis terus ditingkatkan.

    “Selain jumlah ruang inap yang terus ditambah. Kami juga memperbaharui dan menambah alat-alat medis lebih canggih, serta menambah jumlah dokter spesialis dan tenaga ahli lainnya,” ujar Asep, Sabtu (10/3/2018).

    (Ibenk/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img