spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Kemenpar Dukung Pengembangan Wisata Kuliner Tasikmalaya

    TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id : Kota Tasikmalaya mendapatkan perhatian dari Kementerian Pariwisata (Kemenpan) RI dalam hal pengembangan Kuliner di Jawa Barat, khususnya di Priangan Timur (Priatim).

    Saat ini, Kota Tasikmalaya menjadi pusat pengembangan wilayah Priatim. Tak heran, jika memiliki daya tarik bagi masyarakat datang dan berkunjung ke Kota Tasikmalaya. Karenanya, perlu pengembangan wisata. Salah satunya, pengembangan Kuliner.

    Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata RI, Dadang Rizki Ratman saat Bimtek Pengembangan Destinasi Wisata Kuliner di Hotel Horison, Jalan Yudanegara, No63, Kota Tasikmalaya, Jumat (9/3/2018).

    Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kota Tasikmalaya, Undang Hendiana serta ratusan pelaku usaha Kuliner se-Kota Tasikmalaya.

    ” Kota Tasikmalaya memiliki Bandara, akses jalan yang memadai dan hotel berbintang. Untuk itu, perlu didukung pengembangan destinasi wisata khususnya wisata kuliner,” ungkap Dadang.

    Kemenpar juga akan mendorong wisata Kuliner Kota Tasikmalaya maju dan berkembang serta enak dinikmati dan mudah diakses para wisatawan yang datang ke Tasikmalaya.

    ” Tasikmalaya harus memiliki ciri khas kulinernya agar dikenal dan bisa menjadi daya tarik untuk dinikmati para pecinta Kuliner. Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama para pelaku usaha Kuliner bisa mengembangkannya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat melalui wisata,” jelasnya.

    Dirinya pun siap mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya memanjakan wisata Kuliner.

    ” Untuk pengembangan wisata Kuliner, ada tiga hal yang kita berikan. Yakni, dukungan promosi Pariwisata, penataan destinasi melalui dana alokasi khusus serta program pengembangan kapasitas SDM melalui pelatihan, sertifikasi profesi dan pembinaan industri Pariwisata melalui sertifikasi usaha,” pungkasnya.

    Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Tasikmalaya, Undang Hendiana mengungkapkan, banyak ciri khas yang dimiliki Kota Tasikmalaya yang bisa menjadi tujuan kunjungan wisatawan. Seperti, Bordir, kelom geulis, payung geulis termasuk ciri khas Kulinernya, tutuk oncom, Bubur Ayam atau es bojong.

    ” Pemerintah melalui Dinas Pariwisata terus mendorong pelaku usaha Kuliner di Kota Tasikmalaya agar terus berinovasi dalam menggali potensi wisata Kuliner sehingga Kota Tasikmalaya punya ciri khas tersendiri,” singkatnya.

    (Seda/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img