spot_img
Selasa 25 Juni 2024
spot_img
More

    Lawatan Perdana Putra Mahkota Saudi Disambut Demo di Inggris

    INGGRIS, FOKUSJabar.id: Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman disambut aksi demonstrasi dalam lawatannya ke Inggris, Kamis (8/32018). Para demonstran berkumpul di luar kediaman Perdana Menteri Inggris Theresa May.

    Kantor berita Reuters mengutip polisi menyatakan seorang pria ditangkap dengan tuduhan kriminal setelah sebuah telur dilemparkan ke arah mobil polisi, saat iring-iringan kendaraan Pangeran Mohammed tiba di kediaman PM May di Downing Street 10.

    Meski diwarnai aksi demo yang mengecam peran kedua negara dalam perang Yaman, Inggris dan Arab Saudi menyepakati sasaran investasi dan perdagangan senilai 65 miliar poundsterling.

    “Ini adalah dorongan yang signifikan bagi kemakmuran Kerajaan Inggris dan jelas menunjukkan kepercayaan internasional yang kuat atas ekonomi kita di saat kita bersiap meninggalkan Uni Eropa,” kata juru bicara kantor Perdana Menteri Inggris seusai pertemuan, seperti dilansir CNN.

    Koalisi pimpinan Arab Saudi melakukan intervensi militer di Yaman, di mana perang saudara telah menewaskan sekitar 10 ribu orang. Kritik terhadap Riyadh menyatakan serangan-serangan Saudi di Yaman sejak 2015 itu menggunakan senjata yang dipasok dari Inggris.

    Corbyn menyatakan penasihat militer Inggris ‘mengarahkan perang’ di Yaman. Juru bicara May menyatakan personel militer Inggris tidak punya peran dalam serangan udara koalisi dan tidak terlibat dalam memutuskan target serangan.

    “Kita memiliki hubungan bersejarah dengan Arab Saudi. Sebuah hubungan yang penting dan potensial untuk menyelamatkan ratusan orang di negeri ini,” kata May yang disambut teriakan “Memalukan!” oleh politisi oposisi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img