spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Pilkada Ciamis 2018 Tak Akan Berdampak Pada Pola Pikir Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pilkada Ciamis 2018 tak akan berdampak pada pola pikir masyarakat Ciamis jika  kedua kandidat  dan KPU tidak bekerja keras melakukan inovasi edukasi terhadap masyarakat terhadap tahapan pesta demokrasi. Pilkada Ciamis 2018 hanya akan jadi euforia seremonial semata.

    Hal tersebut dikatakan Praktisi Pendidikan yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Endin Lidinillah, Selasa (6/3/2018)

    “Jangan bicara perubahan jika kedua paslon Bupati Wakil Bupati dan KPU tidak melakukan inovasi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pesta demokrasi yang saat ini sedang kita lalui bersama,” ungkapnya.

    Menurut Endin, kedua Paslon harus berkreasi dalam berkampanye dengan beradu visi misi, juka penyelenggara dalam hal ini KPU Ciamis harus benar-benar bekerna agar masyarakat bisa belajar kemudian akan memiliki pembeda.

    “Sampai saat ini masyarakat hanya melihat sosok calon pemimpin dimedia baner, belum ada pembeda yang signifikan diantara kedua paslon sehingga masyarakat bisa mempertimbangkan dan mempelajari proses demokrasi secara baik dan benar,” paparnya.

    Endin menegaskan, jika seperti ini, bukan hanya ASN saja yang nanti pada waktunya dipaksa memilih dengan tidak rasional, namun masyarakat awampun akan tidak rasional dalam memilih pemimpinya sendiri karena tidak sampainya edukasi terkait proses demokrasi.

    ” Kita ingin masyarkat lebih berkembang dari segi edukasi demokrasi, dewasa dengan pilihanya masing-masing demi untuk menghindari Money Politik,” tegasnya.

    (Riza M Irfansyah/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img