spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Ingin Wujudkan Kota Zero Waste, Mindset Warga Harus Diubah

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Diperlukan kesadaran masyarakat untuk mengurangi dan mengelola sampah guna mewujudkan kota zero waste.

    Hal tersebut disampaikan Penjabat Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin saat membuka International Zero Waste City Conference (IZWCC) di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto Kota Bandung, Senin (5/3/2018).

    ‎”Jika Kota Bandung ingin jadi kota zero waste, mindset warga harus diubah. Mulai dari rumah, kita harus memilah dan memilih sampah sehingga lingkungan bersih dan masyarakat pun sehat,” ujar Solihin.

    Pengelolaan sampah meliputi kegiatan sistematis sesuai dengan yang diamanatkan UU No18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

    Pengelolaan sampah sendiri harus ‎dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan meliputi upaya pengurangan dan penanganannya.

    “‎ Pengelolaan sampah itu dari mulai kumpul, angkut dan buang sehingga sampah dikurangi sejak dari sumbernya atau reduce at source dan daur ulang sumber daya. Dan pendekatan yang tepat untuk menggantikan pendekatan End of Pipe System atau mengelola limbah yang terbentuk yakni dengan mengimplementasikan prinsip Reduce, Reuse, Recycle atau 3R,” tegasnya.

    (ageng/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img