spot_img
Senin 15 Juli 2024
spot_img
More

    Badan Usaha Milik Pemerintah Tidak Respon Terhadap Pencegahan Narkoba ?

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tasikmalaya merasa tidak dihargai terkait sikap pegawai badan usaha milik pemerintah baik BUMN dan BUMD yang ada di Kota Tasikmalaya tidak merespon surat BNN terkait permintaan kegiatan penyuluhan sekaligus pemeriksaan urine.

    Kepala BNN Kota Tasikmalaya melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Giman Sugyaman mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat permohonan guna melakukan penyuluhan narkoba dan tes urine bagi karyawan perbankan kepada Koordinator Forum Persatuan Perbankan di Tasikmalaya, tapi mereka tidak ada respon.

    ”Kita menyesalkan, surat yang kita kirimkan sejak tahun lalu dan sampai saat ini tidak ada jawaban dan respon sama sekali,” kata Giman Jumat (2/3/2018).

    Padahal kata Giman langkah BNN untuk melakukan pembinaan dan tes urine bagi pegawai BUMN maupun BUMD diatur dalam Undang-undang (UU) nomor 35/2009 tentang pencegahan peredaran narkoba, Intruksi Presiden, surat edaran MenPAN RB serta Surat edaran Gubernur Jawa Barat bahwa semua karyawan/karyawati baik swasta maupun negeri, BUMN, BUMD, Mahasiswa, pelajar diwajibkan dilakukan pembinaan narkoba dan tes urine.

    Tidak adanya jawaban atas kiriman surat BNN tambah Giman, merupakan bentuk ketidakpahaman dan tidak memperhatikan adanya undang-undang yang mengharuskan para pegawai swasta dan negeri untuk dilakukan tes urine.

    ”Saya kurang tau kenapa koordinator forum itu tidak merespon surat yang dikirim, apakah ada sesuatu atau sepertinya tidak mengerti, kalau mereka benar mendukung program pencegahan dan pemberantasan narkoba pastinya ada respon cepat, jangan takutlah BNN tidak minta dibayar jika melakukan pembinaan dan tes urine ke kantor atau ke instansi,” kata Giman.

    Dia pun mewanti-wanti jika dikemudian hari ada pegawai atau karyawan perbankan yang tertangkap memakai narkoba jangan salahkan BNN, karena selama ini sudah berusaha untuk melakukan pembinaan dan pencegahan tentang bahaya narkoba.

    ”Pencegahan narkoba itu bukan untuk BNN tapi untuk keselamatan dan keamanan, ” pungkasnya.

    (Seda/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img