spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    India Tawarkan Operasi Payudara Gratis bagi Kaum Miskin

    INDIA, FOKUSJabar.id: Operasi plastik, terutama pengurangan atau pembesaran payudara, sekarang bisa didapatkan gratis di Tamil Nadu, salah satu negara bagian di India Selatan.
    Mulai Rabu (21/2/2018), Departemen Kesehatan Tamil Nadu melayani operasi pembedahan kosmetik tersebut secara gratis di Perguruan Tinggi Negeri dan Rumah Sakit Medis Stanley di Ibu Kota Chennai, Tamil Nadu, India.

    Menteri Kesehatan C Vijaya Baskar mengatakan, langkah tersebut diambil demi memastikan perempuan yang kurang mampu mendapat akses operasi kecantikan yang tadinya merupakan kemewahan milik orang kaya.

    “Mengapa perawatan kecantikan tidak tersedia untuk orang miskin?” kata Vijaya, seperti dilansir CNN, (28/2/2018).

    “Jika kita tidak menyediakan, mereka mungkin akan memilih metode berbahaya atau mengambil pinjaman besar demi melakukannya,” tambahnya.

    Namun, program operasi payudara gratis tersebut juga menuai banyak kritikan. Beberapa ahli kesehatan masyarakat mengatakan bahwa pemerintah hanya akan menyia-nyiakan dana negara.

    “Skema ini terdengar populis, tapi bukan program kesehatan masyarakat yang ideal. Dana negara harusnya digunakan untuk penyakit menular dan tidak menular yang muncul. Sangat menyedihkan sekarang kita berfokus pada kecantikan bukan operasi untuk menyelamatkan nyawa,” kata mantan direktur kesehatan masyarakat Dr S Elango.

    (Agung/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img