spot_img
Rabu 17 Juli 2024
spot_img
More

    Pergerakan Tanah, Ribuan Warga Kuningan Mengungsi

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Bencana pergerakan tanah melanda tiga Kecamatan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Akibatnya, ribuan warga mengungsi dan sejumlah fasilitas umum rusak.

    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin mengungkapkan, dari tiga kecamatan ini ada empat dusun yang terdampak pergerakan tanah terparah. Diantaranya Desa Margacina Dusun Cipari, Desa Jabranti Dusun Banjaran, Winduherang serta Jabranti Kecamatam Karangkancana

    “Semua warga sudah dievakuasi dan tidak ada korban jiwa. Sementara untuk kerugian materil belum dapat ditaksir,” tuturnya mengutip PRFM, Selasa (27/2/2018).

    Agus menuturkan, total jumlah pengungsi sekitar 2.500 jiwa lebih. Beberapa diantaranya terisolir karena akses jalan yang terputus. Untuk itu, bantuan logistik berupa air bersih, makanan, pakaian dan obat-obatan menjadi kebutuhan prioritas.

    “Saat ini ada beberapa posko sudah didirikan dan siap untuk menerima dan mendistribusikan bantuan. Logistik air bersih, makanan, pakaian dan obat-obatan masih diperlukan,”

    BPBD Kabupaten Kuningan, lanjutnya, masih mendata rumah maupun fasilitas lainnya yang mengalami kerusakan. Mengingat BPBD memprioritaskan evakuasi warga ke tempat yang aman.

    “Karena letak geografis Kabupaten Kuningan ada di pegunungan, sehingga bencana longsor dan pergerakan tanah masih dominan. Status tanggap darurat bencana pun sudah ditetapkan untuk satu bulan ke depan,” pungkas Agus.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img