spot_img
Rabu 28 Februari 2024
spot_img
More

    Tangani Sungai Citarum, Ini Program Andalan Pemkab Bandung

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sungai Citarum memerlukan penanganan serius dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. Bupati Bandung Dadang M. Nasser mengatakan, pihaknya telah menggelontorkan anggaran yang tidak untuk permasalahan Citarum.

    “Kabupaten Bandung sudah berupaya menggelontorkan anggaran, desa juga diwajibkan memiliki TPS. Belum nanti dari dinas, dari dinas itu (anggarannya) tidak kurang dari Rp120 milyar. Dinas-dinas terkait dikumpulin untuk menunjang penanganan kerusakan kondisi Citarum, yang mengakibatkan sengsaranya rakyat, yaitu kebanjiran. Belum nanti airnya beracun,” tutur Dadang mengutip PRFM, Jumat (23/02/2018).

    Selain itu, Pemkab Bandung juga memiliki program unggulan berupa gerakan Satapok (Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan). Gerakan ini merupakan gerakan menanam pohon pilihan masyarakat yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, yang berujung pada sertifikasi pohon demi menghutankan kembali hulu Sungai Citarum dan mengurangi sedimentasi.

    Dadang menilai gerakan ini cukup efektif apabila dibandingkan dengan gerakan tanam sejuta pohon.

    “Selama ini ada gerakan sejuta pohon, mana pohon yang jadi? Gak ada yang jadi bener karena dicabut lagi oleh rakyat karena merasa terganggu dan nantinya (lahannya) tidak bisa ditanam sayur mayur. Nah, dengan Satapok ini, bagaimana leuweungnya (hutannya) ijo, rakyat ngejo (menghijau). Sebaliknya, kalau ngerusak (tanaman Satapok) ya ngerusak rakyat,” pungkasnya.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img