spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Permudah Wisata Belanja, Jalan Cibaduyut Dibuat Tembus Kopo

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kota Bandung untuk wilayah Jalan Cibaduyut adalah adalah dengan melakukan revitalisasi di daerah tersebut dengan membuat jalan tembus menuju Kopo.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Prasetya menyebutkan, jalan ini merupakan partisipasi dari salah seorang pengusaha di Jalan Kopo.

    “Ini salah satu partisipasi dari salah satu pengusaha yang ada di jalan Kopo, jadi mereka membuat jalan tembus antara Cibaduyut dan Kopo, maksudnya revitalisasi di sini adalah memperbaiki sirkulasi arus lalu lintas, sehingga orang akan nyaman berbelanja di kawasan wisata belanja Cibaduyut,” ungkap Arief mengutip PRFM, Kamis 15 Februari 2018.

    Diakui Arief, pembicaraan pihaknya dengan para pengusaha untuk membangun jalan Kopo tembus Cibaduyut tersebut sudah berlangsung lama. Dan akhirnya setelah disepakati bersama, pada Rabu 14 Februari 2018 kemarin dilakukan groundbreaking oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, sebelum dirinya cuti kampanye Pilkada Serentak 2018.

    “3 hingga 4 bulan kebelakang ada pembicaraan-pembicaraan itu dengan para pimpinan pa wali kota dan lain-lain,” ujarnya.

    Selain persoalan pembebasan lahan yang akan diurus oleh pihak pengusaha, Arief mengaku jika persoalan konstruksi turut menjadi masalah dalam pembangunan jalan tersebut.

    “Konstruksi juga kan kita punya proses yang harus kita jalani,” tambahnya.

    Untuk panjang jalan Kopo tembus Cibaduyut ini adalah 1,3 KM dengan lebar 19 meter. Disebutkan Arief, jalan terserbut pun akan dilengkapi dengan trotoar.

    “Kemarin ada pesan dari pa Wali Kota sebelum cuti, trotoarnya itu harus sekelas dengan yang ada di jalan Dago,” paparnya.

    Dalam pengerjaan jalan tersebut, Arief mengaku jika pihaknya dan Pemkot Bandung Bandung tidak mengeluarkan dana sepeser pun. DPU Kota Bandung hanya memberian pengarahan dan perencanaan saja.

    “Anggaran belanja engga, kita hanya memberikan konsultasi dan perencanaan saja, dana mutlak semuanya oleh pengusaha,” tegasnya.

    Arief berharap, pengerjaan jalan ini berlangsung dengan cepat, dan bisa rampung sebelum idul fitri 2018. Pasalnya, setiap menjelang idul fitri, kawasan Cibaduyut ini selalu ramai.

    “Kita harapkan di tahun 2018 ini sudah beres,” harapnya.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img