spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    DPRD Jabar Bersama Dirjen Perhubungan Darat Ganti Tanjakan Emen Jadi Tanjakan Aman

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Komisi IV DPRD Provinsi Jabar meninjau langsung lokasi kecelakaan bus maut di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang. Dipimpin Ketua Komisi IV Ali Hasan, rombongan DPRD menuju lokasi tersebut, Rabu (15/2/2018).

    Untuk diketahui, bus maut yang terguling di Tanjakan Emen, Sabtu (10/2/2018) lalu itu menelan korban jiwa hingga 27 orang. Kunjungan Komisi IV itu bersamaan dengan ispeksi yang dilakukan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi.

    Di lokasi, anggota DPRD Jabar, Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Wilayah III Agus Budiono, Kepala Balai Perhubungan Cirebon Diding serta masyarakat Kampung Aster melakukan doa bersama, tahlil dan membaca Yasin.

    Wakil Ketua Komisi IV Daddy Rohanady mengatakan, tanjakan tersebut memang rawan kecelakaan. Selain karena tikungannya tajam, ruas jalan tersebut pun kemiringannya cukup curam. Menurut dia, tanjakan tersebut harus dilengkapi beberapa sarana pengamanan, seperti rambu peringatan atau semacam rambu save-front.

    “Ke depan di ruas jalan itu akan dibangun areal penyelamatan darurat. Bahkan saat ini tengah disusun perencanaan untuk jalur alternatif,” kata Daddy Rohanady.

    Semua itu, kata dia, dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan, khususnya di lokasi sama, dan umumnya di sepanjang ruas jalang yang cukup panjang itu.

    “Kami bersama Pak Dirjen Perhubungan Darat pun sepakat mengganti nama Tanjakan Emen itu menjadi Tanjakan Aman,” tutur dia.

    Untuk diketahui, nama Emen (yang digunakan nama jalan) adalah nama panggilan seorang Purnawirawan TNI bernama Taslim. Pada tahun 1965 dia (Taslim) mengalami kecelakaan di tanjakan tersebut hingga meninggal dunia. Keluarga Taslim keberatan nama Emen (Taslim) selalu dikaitkan dengan kecelakaan yang terjadi. Mereka menilai seolah-olah Emen memberi andil pada kecelakaan tersebut.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img