spot_img
Sabtu 10 Desember 2022
spot_img
More

    Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Paslon Pilwalkot Bandung 2018 Dimulai

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengapresiasi gelaran rapat pleno Simaung Show dalam rangka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung yang digelar KPU Kota Bandung di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (13/2/2018). Kegiatan sendiri dimulai tepat sekitar pukul 14.10 WIB dan dipandu Edi Brokoli dan Nadila.

    Ketua Divisi Data Program dan Perencanaan KPU Provinsi Jawa Barat Aang Ferdinand menuturkan, tahapan Pilwalkot Bandung 2018 menjadi yang paling lancar dari pelaksanaan pemilihan kepala daerah sarentak di wilayah Jabar. Mekanisme pilkada serentak saat ini merupakan yang paling murah dan beradab ditengah biaya demokrasi langsung yang cukup mahal.

    ‎”Saya apresiasi KPU Kota Bandung yang mampu menyulap gedung ini menjadi sangat bagus. Kami menitip kepada KPU Kota Bandung beserta masing-masing pasangan calon dan para pendukungnya untuk menjadikan proses pilkada serentak ini sebagai sarana edukasi demokrasi dan wisata politik.‎ Jangan menakutkan bagi masyarakat, mencekam bagi pemilih dan cakaricakaran diantara calon dan pendukung,” ujar Aang saat memberikan sambutan di rapat pleno Simaung Show dalam rangka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung yang digelar KPU Kota Bandung di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Selasa (13/2/2018).

    Aang menambahkan, gelaran pilkada langsung pun harus jadi ajang kompetisi yang berkualitas. Setiap pasangan calon pun harus bisa mengikuti setiap tahapan pada pilkada serentak 2018.

    “Terutama untuk urusan dana kampanye, ini penting harus dicatat dan dilaporkan karena bisa saja dicoret dari pencalonan kalau tidak dilakukan. Termasuk aturan kampanye di media penyiaran, ini semua harus ditempuh. Semua paslon ini harus sampai 27 juni jangan ada proses yang menghambat,” tegasnya.

    Proses pengambilan nomor undian sendiri‎ dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan kepada setiap pasangan calon dan diskor dengan dipandu MC. Urutan pertanyaan pun berdasarkan jadwal pendaftaran yang dilakukan pasangan calon dimulai dari pasangan Nurul Arifin-Choirul Yaqin Hidayat, lalu Yossi Irianto-Aries Supriatna, dan Oded M Danial-Yana Mulyana.

    (Ageng/Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img