spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Pelatih PPLP Jabar Harus Bersertifikat Nasional

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar akan menerapkan aturan khusus bagi pelatih cabang olahraga yang menangani atlet pelajar. Kedepan, pelatih di 11 cabang olahraga yang tergabung di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Jabar minimal harus memiliki sertifikasi pelatih tingkat nasional.

    Kepala Dispora Jabar, Yudha M Saputra menuturkan, dalam pemilihan pelatih, akan melibatkan pengurus cabang olahraga yang bersangkutan. Pengurus provinsi cabang olahraga akan mengajukan kepada pihak Dispora Jabar untuk calon pelatih atlet pelajar di kampus PPLP Jabar.

    “Nanti kita akan tentukan pelatih dari pengajuan cabang olahraga tersebut. Kita akan rekrut pelatih yang memiliki kualitas dan terjamin. Minimal memiliki sertifikat nasional,” ujar Yudha saat dihubungi melalui telepon selularnya, Kamis (8/2/2018).

    Yudha menilai, pada pengelolaan PPLP di tahun 2017, masih banyak pelatih yang justru tidak memiliki program pelatihan yang jelas. Selain itu, banyak program latihan yang dibuat pelatih tidak sinkron dengan kegiatan di sekolah tempat atlet menimba ilmu.

    “Jadi jangan asal melatih. Target latihan itu kan harus jelas. Apakah tujuanya untuk popnas, kejurnas, kejurda, popwil, atau popda. Ini harus dimatangkan lagi dan pelatih harus menyadari itu, jangan hanya sekadar gugur kewajiban untuk melatih,” terangnya.

    Selain itu, dari sisi perekrutan atlet pun akan dilakukan evaluasi. Bagaimana agar PPLP Jabar itu, benar-benar dihuni dan diisi oleh atlet-atlet pelajar pilihan yang notabene merupakan atlet terbaik di kelompok usianya.

    “Jadi dengan pola rekrutmen pelatih yang tidak asal-asalan ditambah dengan perekrutan atlet yang juga memiliki potensi, maka diharapkan dari PPLP Jabar ini bisa menghasilkan atlet-atlet potensial,” tegasnya.

    (ageng/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img