spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    PDAM Ciamis Siap Pasang Jaringan Air Minum untuk Seribu MBR

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Melalui program hibah air minum dari pemerintah pusat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Kabupaten Ciamis menargetkan pemasangan jaringan distibusi sebanyak 1000 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun ini.

    Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis Cece Hidayat mengatakan, hibah pemerintah pusat untuk 1000 MBR ini sebesar Rp3 milyar, atau per MBR senilai Rp3 juta. Pemasangan dilakukan di wilayah Ciamis kecuali Pangandaran dan Panumbangan.

    “Usulan data calon pelanggan ke pemerintah pusat sampai dengan akhir Februari,” ujar Cece saat ditemui di kantornya Selasa (6/2/2018).

    Cece menjelaskan, setelah diusulkan ke pusat calon pelanggan MBR akan diverifikasi. Tidak semua yang diusulkan bisa menerima manfaat program tersebut, karena harus betul-betul layak dan sesuai dengan ketentuan.

    Pelanggan MBR hanya membayar Rp383.000 dan dua bulan gratis  dari biaya pemasangan normal yang mencapai Rp1,1 juta.

    “Program ini juga tidak semua PDAM di indonesia mendapatkannya, karena harus PDAM sehat, mampu dan komitmen pemerintah daerahnya dalam penyertaan modal,” jelasnya.

    Cece menuturkan, selama ini masyarakat kurang memahami program hibah air minum tersebut. Dimana warga menanyakan uang itu, dan meminta untuk dibagikan kepada masyarakat. Padahal hibah itu untuk pemasangan jaringan distribusi, tujuannya agar masyarakat bisa mendapat air bersih. Sehingga pemahaman tersebut yang harus diketahui masyarakat.

    (Riza M Irfansyah/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img