TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Dalam upaya mempromosikan berbagai destinasi wisata sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menggandeng puluhan YouTuber, content creator, dan influencer.
Kepala Bidang Pariwisata Dispora Kabupaten Tasikmalaya, Suci Tarini, menyampaikan, Kabupaten Tasikmalaya memiliki banyak destinasi wisata yang perlu mendapat promosi masif secara luas agar menarik minat masyarakat untuk berkunjung.
Baca Juga: Kota Tasikmalaya Tuan Rumah Silatnas ke-1 Bikers Subuhan
“Destinasi wisata ini perlu promosi yang terkonsep dan masif, dan untuk itu kami merangkul para influencer serta content creator muda asal Tasikmalaya. Harapannya, mereka bisa membantu mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap Suci pada Minggu (6/10/24).
Suci menjelaskan, kehadiran para content creator sangat penting. Dalam mendukung Pariwisata untuk mengenalkan dan mempromosikan objek-objek wisata yang Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya kelola.
“Kami menyadari bahwa pengembangan pariwisata daerah tidak bisa hanya oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, perlu sinergi dengan berbagai pihak melalui konsep pentahelix. Termasuk akademisi, dunia usaha, komunitas, media, dan tentu saja influencer yang memiliki banyak pengikut,” tambahnya.
Peran Influencer Untuk Promosi Destinasi Wisata Tasikmalaya
Menurut Suci, influencer dan content creator dengan jangkauan konten yang luas berperan besar dalam meningkatkan promosi wisata di Tasikmalaya.
“Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Smalling West Java (SWJ) Ambassador, MTMA, dan Dinas Kaulinang. Untuk membuat konten-konten yang berfokus pada destinasi wisata di Kabupaten Tasikmalaya,” jelas Suci.
Saat ini, terdapat 92 desa wisata dan 7 destinasi wisata yang pemerintah daerah dan pihak swasta kelola. Tentunya harus terus mendapat konsep promosi yang masif agar semakin terkenal luas. Dengan promosi yang baik, harapannya tingkat kunjungan wisata terus meningkat.
Suci menambahkan, hingga September 2024, jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Tasikmalaya sudah mencapai 1 juta kunjungan.
“Target kunjungan wisata tahun 2024 di Kabupaten Tasikmalaya adalah 1,8 juta wisatawan, termasuk wisatawan lokal, regional, nasional, dan mancanegara,” terangnya.
Kabupaten Tasikmalaya memiliki 7 destinasi wisata unggulan yang menjadi daya tarik utama. Yaitu Cipanas Galunggung, Pantai Cipatujah, Ziarah Pamijahan, Pantai Sindangkerta, Karang Tawulan, Cipanas Cipacing, dan Situ Sanghiyang. Suci menyebutkan bahwa destinasi ini wajib para wisatawan kunjungi karena memiliki daya tarik yang unik dan memikat wisatawan.
Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan para influencer, promosi wisata di Kabupaten Tasikmalaya harapnnya dapat terus berkembang. Sehingga semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk menikmati keindahan alam dan budaya daerah tersebut.
(Seda/Irfansyahriza)