spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung Minta Setiap Kewilayahan Miliki Ruang Isolasi Mandiri Covid-19

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung Jawa Barat (Jabar), Ema Sumarna menegaskan, tidak ada istilah jumlah ideal tempat isolasi mandiri bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) virus Corona. 

    Menurutnya, hal terpenting Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung secara preventif harus menyiapkan hal tersebut agar tidak terjadi kekacauan psikologi orang-orang.

    “Misalnya nanti banyak orang yang terpapar, kemudian tempat berkurang, ya lebih baik kita antisipatif preventif saja,” katanya.

    BACA JUGA: Plh Bupati Pangandaran: Berpikir Rasional Sikapi Vaksin Covid-19

    Ema memastikan bahwa saat ini Pemkot Bandung juga terus menekan angka kasus Covid-19. Walau pun ada penambahan tempat isolasi mandiri dan tidak dipergunakan tidak akan jadi masalah.

    “Untuk ruang isolasi itu ada tiga tempat dan itu pun tidak full semua, tapi kita antisipasi, kemudian kita juga dorong supaya ada tempat isolasi mandiri di masing-masing wilayah di Kecamatan,” jelasnya.

    Lebih lanjut Ema mengatakan, dari 30 Kecamatan di Kota Bandung, baru 9 Kecamatan yang lolos dan memenuhi standar setelah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Tenaga Kesehatan (Nakes).

    “Ini sedang kita maksimalkan agar tiap Kecamatan minimal ada 1 tempat isolasi mandiri yang representatif dan bisa dimanfaatkan oleh warga. Idealnya 1 tiap Kelurahan. Tapi kita pun tidak mudah mendapatkan fasilitas seperti itu,”katanya.

    Pihkannya mencontohkan, ada satu tempat di RW 09 Kecamatan Rancasari yang telah memenuhi standar. Di sana kekompakkan masyarakat sangat luar biasa. Hal itu bisa menjadi barometer atau tolak ukur tempat isolasi mandiri di tingkat wilayah.

    “Jadi setiap kecamatan bisa belajar ke sana bahwa tempat itu paling representatif. Dan itu sangat dibutuhkan apabila kebijakan yang akan dibahas nanti terkait karantina wilayah oleh Presiden akan diterapkan di Kota Bandung,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img