spot_img
Minggu 23 Juni 2024
spot_img
More

    CV Cahaya Tasikmalaya Segera Rilis 2 Judul Buku Pelajaran

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Penerbit Buku ternama CV Cahaya Tasikmalaya dalam waktu dekat segera merilis dua judul buku pelajaran SD dan MI.

    Sebelum dicetak, dilakukan terlebih dulu uji publik di Ballroom City Hotel, Jalan Sukalaya Cihideung Kota Tasikmalaya, Selasa (11/6/2024).

    Hadiri pada kesempatan itu,  Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Kemenag dan Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) serta Guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

    BACA JUGA:

    Ini Lokasi dan Alasan Parkir di Obwis Pangandaran Dikelola Pihak Ketiga

    Buku setebal 160 halaman tersebut ditulis para guru bidang olahraga dan PAI Kota Tasikmalaya yang sudah berpengalaman.

    Plt Kadisdik Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar Surachman mengungkapkan, CV Cahaya sudah tepat dengan mengedepankan potensi-potensi lokal.

    “Saya apresiasi. Di mana mengakomodir para guru yang memiliki kemampuan dalam menulis. Ini untuk mendongkrak potensi guru dan kearifan lokal,” ungkap Ucu Anwar.

    Ia menjelaskan, kurikulum Merdeka Belajar sebetulnya bagaimana mengoptimalkan dan mengedepankan karya-karya asli kearifan lokal yang sesuai dengan kebutuhan.

    “Buku ini akan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang minat baca dan daya literasi. Termasuk dapat memberikan petunjuk bahwa proses pendidikan akan sesuai dengan karakteristik dan kondisi kultur Kota Tasikmalaya,” ungkapna.

    “Semoga karya buku ini cocok dan sesuai dengan dunia pendidikan.  Sehingga bisa dipergunakan untuk proses pembelajaran jenjang SD/ sederajat untuk tahun pelajaran baru mendatang,” Dia menambahkan.

    BACA JUGA:

    Penari SMPN 8 Ciamis Juara Tingkat Kabupaten Ciamis

    Penerbit CV Cahaya Tasikmalaya, Dadang Makmur mengatakan, bedah buku ini untuk mengetahui hal-hal apa yang mungkin bisa diperbaiki dan disempurnakan sebelum naik cetak.

    “Bedah atau uji publik buku ini menjadi bahan untuk mengetahui hal-hal apa yang perlu disempurnakan sebelum dicetak untuk belajar,” imbuhnya.

    Dadang menuturkan, judul dan isi buku ini lebih mengedepankan literasi yang mendukung program Merdeka Belajar untuk mendorong anak-anak lebih berkembang dan lebih memahami karakter serta potensi anak didik.

    “Ada dua judul Buku yang akan kita rilis. Yakni, Gemar Berolahraga serta Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Semua isinya ditulis guru olahraga dan PAI yang selama ini aktif mengajar di SD/MI,” terang Dadang.

    BACA JUGA:

    Fapega Siap Sukseskan Dudung-Bajuri di Pilkada Garut 2024

    Ia mengaku, proses perizinan maupun proses lainnya seperti ISBN termasuk cek plagiasi semua sudah ditempuh.

    “Saya kasih bocoran, penulis buku ini para guru yang gemar menulis dan berpengalaman luas. Mereka sudah menulis sejumlah judul buku. Sehingga buku ini akan layak untuk KBM,” pungkasnya.

    (Seda/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img