spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Disdukcapil Ciamis Raih Penghargaan Kepatuhan Penyelenggara Pelayanan Publik

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyerahkan Piagam penghargaan Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2023 kepada Disdukcapil Ciamis Jawa  Barat. 

    Penyerahan piagam penghargaan penilaian kepatuhan tahun 2023 dengan nilai 94,35 zona hijau kualitas tertinggi diserahkan setelah acara upacara hari jadi ke -382 Kabupaten Ciamis. Selasa  (10/6/2024).

    Baca Juga: Ini Rangkaian Acara Spektakuler Yang Akan Digelar Dalam Hari Jadi Ciamis ke-382

    Engkus  mengucapkan selamat kepada seluruh yang mendapatkan penghargaan. Ia berharap dengan adanya penghargaan ini kepada seluruh penyelenggara pelayanan publik agar jangan terlena. Jangan juga berpuas diri, tetap tingkatkan semangat dan sinergitas agar terwujud Ciamis Unggul.

    “Pelayanan publik atau pelayanan umum adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik. Pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintahan di Daerah Ataupun Pusat di Lingkungan BUMN ataupun BUMD. Dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang ditetapkan,”katanya.

    Engkus menuturkan, penilaian kepatuhan merupakan bentuk pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik. Oleh Ombudsman RI yang bertujuan untuk mendorong pencegahan maladministrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

    “Selain itu penilaian kepatuhan juga menjadi tolak ukur terhadap evaluasi dan penguatan pengawasan internal melalui atasan langsung,” ucapnya.

    Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Yayan M Supyan mengatakan, penghargaan tersebut didedikasikan kepada seluruh petugas pelayanan Adminitrasi kependudukan (Adminduk) selaku garda terdepan Disdukcapil Kabupaten Ciamis.

    Semoga bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan prima dan lebih baik lagi dalam melayani masyarakat dengan segenap hati,”ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img