spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Ini Rangkaian Acara Spektakuler Yang Akan Digelar Dalam Hari Jadi Ciamis ke-382

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pada tanggal 12 Juni 2024, Kabupaten Ciamis merayakan hari jadinya yang ke-382 dengan rangkaian acara yang meriah dan penuh makna. Sebagai salah satu daerah yang kaya akan sejarah dan budaya, perayaan ini menjadi momentum penting. Untuk mengenang perjalanan panjang dan mengapresiasi warisan budaya Ciamis.

    1. Ziarah Makam Leluhur Galuh

    Acara dimulai dengan ziarah ke makam leluhur Galuh pada tanggal 10 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menghormati dan mengenang para leluhur yang telah berjasa dalam membangun Kabupaten Ciamis.

    2. Kirab Pataka dan Rapat Paripurna

    Puncak perayaan hari jadi ditandai dengan kirab pataka dan rapat paripurna yang di halaman Pendopo hingga DPRD Kabupaten Ciamis pada tanggal 12 Juni 2024. Kirab pataka menjadi simbol kebanggaan dan kejayaan daerah, sedangkan rapat paripurna menjadi forum untuk merenungkan perjalanan pembangunan serta merumuskan langkah-langkah ke depan.

    3. Ciamis Creative Festival

    Kemudian penyelenggaraan Ciamis Creative Festival. Sebuah festival kreatif yang menghadirkan beragam kreasi seni. Kemudian penampilan budaya di Halaman Islamic Centre Kabupaten Ciamis dari tanggal 15 hingga 23 Juni 2024. Festival ini menjadi ajang bagi para seniman dan kreator lokal untuk berbagi inspirasi dan memperkuat ikatan budaya.

    Baca Juga: Domba Garut Ngamuk di Pendopo Bupati Ciamis

    4. Happyforia Indosiar 2024

    Alun-Alun Kabupaten Ciamis menjadi saksi dari keceriaan Happyforia Indosiar 2024 pada tanggal 29 hingga 30 Juni 2024. Acara ini menghadirkan berbagai atraksi dan pertunjukan yang menghibur serta mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat.

    5. Galuh Ethnic Carnival & Galuh Digital Festival

    Pada tanggal 11 hingga 15 Juni 2024, Galuh Ethnic Carnival dan Galuh Digital Festival menghadirkan pesona etnik dan teknologi di Kabupaten Ciamis.

    Galuh Ethnic Carnival menampilkan keindahan budaya lokal melalui parade dan pertunjukan seni. Sementara Galuh Digital Festival mengeksplorasi potensi teknologi dalam memajukan daerah.

    6. Napak Jagat Pasundan

    NJP 2024, atau Napak Jagat Pasundan, menjadi momentum penting untuk merayakan keberagaman budaya. Kemudian memperlihatkan keindahan alam Pasundan di Alun-Alun Kabupaten Ciamis. Acara ini menampilkan kirab budaya, panggung hiburan, pagelaran seni dan budaya. Serta pameran ekonomi kreatif sebagai wujud apresiasi terhadap kekayaan lokal.

    7. Merayakan Kebanggaan dan Keberagaman

    Perayaan hari jadi ke-382 Kabupaten Ciamis bukan hanya sekedar serangkaian acara. Namun juga merupakan ajang untuk merayakan kebanggaan dan keberagaman yang menjadi kekuatan dan identitas daerah. Melalui rangkaian acara ini, Kabupaten Ciamis meneguhkan komitmennya untuk terus memajukan daerah serta menjaga dan memperkaya warisan budaya yang dimiliki.

    (Fauza/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img