spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Diskominfo Garut: Penting Menjaga Keamanan Informasi

    GARUT,FOKUSJabar.id: Diskominfo Garut Jawa Barat (Jabar) gelar Webinar Garut Seputar Keamanan Informasi (Gesrekami) Series #10 di Kantor Command Center, Kecamatan Garut Kota, Jumat (7/6/2024).

    Webinar tersebut mengusung tema “Pemanfaatan Sertifikat Elektronik dan Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi AMS, Panter, dan Besign.

    BACA JUGA: Sekda Garut Lepas Kloter 59 Calhaj

    Acara tersebut dibuka secara resmi Kepala Diskominfo Garut, Margiyanto. Hadir pemateri, Manggala Informatika Pertama Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Ade Putri.

    Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Garut, Ahmad Hasyim mengungkapkan, peserta yang hadir secara virtual melalui zoom meeting, seluruh perangkat daerah.

    Mulai dari unsur kecamatan, kelurahan/desa, UPT Puskesmas, unsur SD dan SMP.

    Kegiatan tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati terkait Manajemen Keamanan Informasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

    Di mana di dalamnya terdapat 5 pokok keamanan informasi. Salah satunya, memberikan literasi berkaitan dengan kesadaran terhadap keamanan informasi.

    “Terutama bagaimana kita menjaga dokumentasi itu supaya utuh, tidak disalahgunakan dan dokumentasinya melalui pemanfaatan sertifikat elektronik,” katanya.

    BACA JUGA: Ono Surono Sebut Iuran Tapera Membebani Pekerja

    Dia berharap, melalui webinar ini seluruh pemegang sertifikat elektronik baik yang sudah memiliki ataupun yang akan mengajukan untuk memperoleh sertifikat elektronik dapat memahami betapa pentingnya menjaga keamanan informasi, sehingga tidak terjadi penyalahgunaan sertifikat elektronik.

    “Karena sesuai dengan peraturan yang ada, tanda tangan elektronik ini adalah menyangkut identitas secara hukum. Jadi memberikan kesadaran kepada mereka betapa pentingnya menjaga terkait sertifikat elektronik tersebut,” pungkasnya.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img